Find Us On Social Media :

Steam Stop Dukung Windows 7 dan 8 Mulai 2024, Solusinya Wajib Upgrade!

By Adam Rizal, Kamis, 30 Maret 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi Windows 7

Valve memastikan Steam tidak lagi mendukung sistem operasi perangkat Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 mulai 1 Januari 2024 dan meminta para pengguna yang masih menggunakan Windows lama untuk beralih ke Windows yang lebih baru.

"Pengguna perlu memperbarui ke versi Windows yang lebih baru untuk terus menjalankan dan membeli produk di Steam,” jelas Valve dalam sebuah pernyataan.

Microsoft sendiri telah menghentikan dukungan ke Windows 7 hingga Windows 8.1 sejak beberapa waktu lalu. Hal itu membuat Windows 7, 8 dan 8.1 sudah tidak akan mendapatkan pembaruan apapun termasuk pembaruan keamanan penting didalamnya.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang bertahan di Windows jadul karena alasan OS itu masih cukup baik untuk digunakan, terlebih pada perangkat dengan spesifikasi yang tidak memungkinkan untuk menjalankan Windows 10 dan Windows 11.

Valve mengatakan fitur-fitur terbaru Steam tidak lagi berfungsi pada versi Windows versi lama. "Steam versi terbaru membutuhkan fitur Windows dan pembaruan keamanan yang hanya tersedia di Windows 10 dan yang lebih baru.” jelasnya.

Menurut survei Steam pada Februari 2023, pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows 7 dan 8 adalah sebagian kecil dari total pengguna Windows. Pengguna Windows 7 yang menggunakan Steam cukup sedikit hanya 1,52 persen dan pengguna Windows 8 adalah 0,34 persen sehingga totalnya hanya 1,86 persen dari basis pengguna Steam.

Sebelumnya, Epic telah menghentikan dukungan Fortnite untuk Windows 7 dan 8. Jika pengguna masih ingin memainkan Fortnite di PC melalui Epic Games Store atau terus menggunakan Steam, maka mereka harus meningkatkan ke Windows 10 atau 11.

Cara Upgrade Windows 10 dan 11

Dilansir Support Microsoft, ketika pembaruan Windows 10 atau Windows 11 versi 22H2 siap untuk perangkat yang kamu gunakan, maka akan tersedia secara langsung di halaman Pembaruan Windows di Pengaturan.

Anda tingga memilih waktu yang paling sesuai untuk mengunduh pembaruan tersebut dan Anda harus melakukan restart perangkat dan menyelesaikan instalasi. Setelah itu, perangkat akan menjalankan Windows 10 atau 11.

Namun, jika tidak ada pemberitahuan dari perangkat, Anda bisa update Windows secara manual berikut caranya.

1. Buka peramban dan masuk ke situs resmi Microsoft. Langkah ini berguna untuk mengunduh aplikasi resmi Windows 10 atau 11.