Find Us On Social Media :

Ketua ASEAN-BAC Dorong Transformasi Digital dan Ekonomi Hijau untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

By Fathia Yasmine, Kamis, 30 Maret 2023 | 21:32 WIB

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid pada Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM), Kamis (30/3/2023).

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid mendorong dialog dan kolaborasi untuk kemajuan ekonomi digital dan ekonomi hijau pada Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM), Kamis (30/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Arsjad menekankan pentingnya transformasi digital dan keuangan yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan ekonomi global, kesenjangan keuangan, dan investasi hijau.

Pada sektor ekonomi hijau, Arsjad mendorong investasi ekonomi hijau melalui inovasi, penelitian dan pengembangan, investasi luar negeri, serta pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan.

Ia juga menekankan bahwa penting untuk memperluas inklusi keuangan dan literasi digital, terutama untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

 Baca Juga: Perkuat Jaringan Bisnis Wilayah Indo-Pasifik, Kadin Indonesia dan Kemenko Perekonomian Gelar Forum IPCC

“Dengan upaya ini, UMKM bisa mendapatkan akses ke modal usaha dan berpartisipasi lebih besar di pasar,” ungkap Arsjad seperti dikutip dari rilis resmi, Kamis (30/3/2023). 

Untuk mengatasi kesenjangan investasi dalam proyek iklim di Asia Tenggara, Arsjad menilai terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan, yakni peningkatan investasi dalam proyek yang ramah lingkungan, kerjasama dalam menerapkan standar ISSB di seluruh ASEAN, serta membuat harmonisasi dan konsistensi tentang taksonomi ASEAN.

Selain itu, Arsjad menekankan pentingnya inisiatif blended finance yang dapat mendorong investasi swasta ke arah energi yang berkelanjutan. Dengan cara ini, ASEAN bisa mendapatkan keuntungan dan dampak yang lebih besar, serta return yang lebih baik yang sesuai dengan risiko investasi.

"Kebijakan dan regulasi, struktur keuangan yang inovatif, standardisasi dan transparansi, serta instrumen mitigasi risiko adalah kunci untuk mendorong investasi swasta di bidang energi yang berkelanjutan," kata Arsjad.

 

Dorong implementasi ASEAN QR Code

 

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid pada Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM), Kamis (30/3/2023).