Find Us On Social Media :

Merusak Peradaban, Elon Musk Desak Pengembangan Teknologi AI Ditunda

By Adam Rizal, Jumat, 31 Maret 2023 | 09:00 WIB

Sama seperti kita, Elon Musk pun kini harus bayar cicilan ke bank

Pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk bersama sekelompok ahli artificial intelligence (AI) meminta pengembangan dan pelatihan model AI terbaru yang lebih canggih dibanding GPT-4 harap ditunda selama enam bulan.

Musk meminta pengembangan AI terbaru ditunda hingga ada protokol keamanan untuk AI karena produk AI terbaru berpotensi besar membahayakan keselamatan dan peradaban manusia termasuk sektor ekonomi serta disrupsi politik

Surat terbuka itu dibuat oleh lembaga non profit Future of Life Institute, dan ditandatangani oleh lebih dari 1000 orang, termasuk Musk, CEO Stability AI Emad Mostaque, peneliti DeepMind milik Alphabet, serta pakar AI Yoshua Bengio dan Stuart Russel.

"Seharusnya pengembangan sistem AI terbaru yang canggih dikembangkan setelah kita sadar dengan efek positif dan risikonya masih bisa ditolerir. Para pengembang AI juga seharusnya bekerja sama dengan pembuat kebijakan di pemerintah untuk membuat aturan tersebut," tulis Musk dalam surat tersebut seperti dilansir Reuters.

"Sistem AI dengan kecerdasan kompetitif manusia dapat menimbulkan resiko besar bagi masyarakat dan kemanusiaan," kata surat tersebut, dikutip dari ABC News.

Surat ini juga mengungkapkan laboratorium AI berlomba-lomba di luar kendali untuk menyebar dan mengembangkan pikiran ‘digital’ yang tidak dapat dipahami, dikendalikan bahkan diprediksi oleh pembuatnya sendiri.

Baru-baru ini, ChatGPT menjadi buah bibir karena disebut memiliki kemampuan menjawab pertanyaan layaknya ‘manusia’.

Ada juga GPT-4 yang lebih canggih lagi dimana dapat memberikan informasi mengenai gambar dan menulis kode program dalam semua bahasa.

Secara keseluruhan, surat ini sudah ditandatangani oleh lebih dari 1.000 tokoh, termasuk profesor, eksekutif teknologi, dan bahkan ilmuwan.

Peringatan Europol

Ilustrasi ChatGPT

Chatbot canggih milik OpenAI ChatGPT sukses memberikan pengalaman baru kepada pengguna dalam bidang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.