Find Us On Social Media :

Pengguna Naik Berkat ChatGPT, Microsoft Akan Tampilkan Iklan pada Bing

By Adam Rizal, Sabtu, 1 April 2023 | 15:00 WIB

Microsoft Bing ChatGPT

Pengguna peramban Microsot Bing meroket sejak kehadiran chatbot AI ChatGPT. Microsoft sendiri telah mengucurkan investasi jutaan dolar AS ke OpenAI selalu pemilik ChatGPT. Tentunya, jumlah pengguna Bing yang meningkat itu adalah peluang bisnis yang besar bagi Microsoft. Karena itu, Microsoft akan mulai menayangkan iklan di Bing ChatGPT.

"Kami berencana memasang iklan pada pengalaman chat pengguna," kata Corporate Vice President Microsoft, Yusuf Mehdi, dalam blog resmi perusahaan.

Saat ini Microsoft sedang menguji coba kemampuan iklan pada Bing sejak beberapa saat lalu. Menurut laporan, raksasa teknologi itu sudah berdiskusi dengan para agensi iklan pada Februari 2023.

"Bing versi baru sedang dalam proses pengkajian. Akan ada beberapa variabel yang nanti bakal muncul. Kami sekarang masih mengeksplor kesempatan baru untuk iklan," katanya seperti, dikutip dari TheVerge.

Belum jelas seperti apa format iklan pada chatbot itu nantinya. Rumornya, ketika sedang ngobrol dengan chatbot, pengguna akan melihat boks berlabelkan 'ads' yang masih berhubungan dengan topik bahasan.

Untuk komposisi iklan yang muncul, Microsoft belum merinci lebih lanjut. Namun, hal ini sudah diprediksi sejak awal ChatGPT menghebohkan ranah maya.

Sama halnya dengan Instagram, Facebook, YouTube, yang dulunya murni sebagai platform media sosial. Kini, layanan-layanan itu tak ubahnya billboard berjalan dengan banyaknya promosi iklan di sela-sela penjajalan.

 Pengguna Meroket

Raksasa teknologi Microsoft bertaruh besar pada AI (Artificial Intelligence) yang dihadirkan pada mesin pencari Bing versi baru, dan tampaknya taruhan tersebut berhasil, dengan Bing mendapatkan banyak pengguna baru sedangkan Google mengalami penurunan sedikit.

Seperti yang dilaporkan oleh Reuters, Microsoft melihat peningkatan hampir 16% pada kunjungan halaman ke Bing sejak diluncurkannya pengalaman obrolan "co-pilot" yang didukung oleh GPT-4.

"Co-pilot" ini tampaknya menarik sejumlah pengguna baru, karena Microsoft sendiri awal bulan ini mengonfirmasi bahwa Bing telah berhasil melampaui 100 juta pengguna aktif untuk pertama kalinya.

Peningkatan 15,8% pada kunjungan halaman terlihat dari data sejak peluncuran Bing versi baru pada tanggal 7 Februari 2023 oleh Microsoft, dan menunjukkan bahwa Microsoft membuat kemajuan dalam tujuannya untuk menarik pengguna baru dari dominasi Google dalam bisnis mesin pencari.