Find Us On Social Media :

Ini Sepuluh Manfaat Adopsi Cloud Computing dalam Industri Healthcare

By Rafki Fachrizal, Selasa, 4 April 2023 | 16:45 WIB

inilah manfaat utama yang bisa didapatkan industri healthcare ketika mengadopsi cloud computing.

Industri healthcare terus mengalami perkembangan, dan teknologi memainkan peran yang semakin penting dalam mendukung indutri tersebut memberikan perawatan pasien yang lebih baik.

Salah satu teknologi yang tengah marak diadopsi oleh industry healthcare adalah cloud computing (komputasi awan).

Cloud computing mengubah industri healthcare dengan memberikan berbagai manfaat, termasuk peningkatan skalabilitas dan fleksibilitas, peningkatan keamanan dan kepatuhan data, pemulihan bencana yang lebih cepat, peningkatan kolaborasi, dan komunikasi, pengurangan biaya TI, peningkatan pengalaman pasien, peningkatan kelincahan dan inovasi, peningkatan pemantauan pasien jarak jauh, peningkatan manajemen kesehatan penduduk, dan aksesibilitas yang lebih besar.

Nah, berikut ini akan InfoKomputer beberkan 10 manfaat utama cloud computing dalam industri healthcare sebagaimana dikutip dari AnalyticsInsight.

1. Peningkatan Skalabilitas dan Fleksibilitas

Cloud computing menawarkan organisasi di industri healthcare kemampuan untuk menskalakan infrastruktur TI mereka dengan cepat dan mudah, tanpa perlu meng-upgrade perangkat keras dan perangkat lunak yang mahal.

Hal ini memungkinkan organisasi untuk menangani peningkatan volume pasien dan memperluas layanan mereka ke lokasi baru tanpa perlu investasi modal yang signifikan.

2. Peningkatan Keamanan dan Kepatuhan Data

Cloud computing menyediakan peningkatan keamanan data dan kemampuan kepatuhan data yang sangat penting bagi industri healthcare.

Dengan menyimpan data di pusat data (pusat data) yang aman, organisasi healthcare dapat melindungi data pasien sensitif mereka dari ancaman siber dan pelanggaran data.

Selain itu, solusi berbasis cloud computing dapat membantu organisasi healthcare mematuhi peraturan privasi data yang ketat yang diamanatkan oleh HIPAA dan badan regulasi lainnya.

3. Mengurangi Biaya IT

Cloud computing dapat membantu organisasi healthcare mengurangi biaya TI dengan menghilangkan kebutuhan akan pembaruan perangkat keras dan perangkat lunak yang biasanya tidaklah murah.