Find Us On Social Media :

Mari Belajar Low-Code, Platform yang Semakin Populer di Masa Depan

By Wisnu Nugroho, Selasa, 4 April 2023 | 15:21 WIB

Dengan low code, proses pembuatan software dapat dipercepat dan dilakukan oleh karyawan non-teknikal

Salah satu teknologi yang menarik untuk diikuti perkembangannya saat ini adalah no-code dan low-code. Studi Gartner memprediksi, industri no-code/low code bernilai US$26,9 miliar di tahun 2023 ini, atau meningkat 20% dibanding tahun sebelumnya.

No-code/low code adalah platform yang memudahkan pembuatan software atau aplikasi melalui antarmuka yang lebih sederhana serta tersedianya komponen siap pakai. 

Dengan low-code, kita bisa membangun aplikasi hanya dengan click-and-drag komponen yang tersedia (seperti database connector, UI element, atau business logic). Kebutuhan untuk melakukan coding (yang dilakukan saat membuat software secara konvensional) menjadi minim (alias low-code) atau bahkan tidak sama sekali (no code).

Ide utama dari low-code adalah menyederhanakan sekaligus mempercepat proses pembuatan software. Pendekatan low-code juga memungkinkan orang non-teknikal untuk membuat software, yang berarti mengurangi ketergantungan akan tim software developer. Contohnya jika tim HR membutuhkan form untuk absensi, mereka bisa melakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan tim software developer yang mungkin sudah memiliki banyak tugas lain.

Saat ini, banyak perusahaan yang sudah merasakan manfaat low-code. Salah satunya tercermin dari hasil riset Zapier yang menemukan, 90% pengguna no-code menyebut perusahaan mereka dapat berkembang lebih cepat karena penggunaan teknologi ini. 

Manfaat low-code bukan cuma akan dirasakan perusahaan, namun juga karyawan. Survei Low Code Trend 2022 menunjukkan, 82% pengguna no-code/low-code setuju jika teknologi ini menyediakan kesempatan untuk meningkatkan skills-nya. Dengan kata lain, teknologi no-code atau low code menjadi enabler bagi karyawan untuk mengembangkan kemampuannya.

Belajar Low-Code di InfoKomputer NgabuburIT 

Jika ingin belajar bagaimana membangun aplikasi atau software menggunakan low-code, Anda bisa mengikuti acara InfoKomputer NgabuburIT yang akan diadakan pada Kamis, 6 April 2023 pukul 15.30-17.00. Pada kelas online ini, kita akan belajar bareng menggunakan Budibase, salah satu platform low-code open source yang yang bisa digunakan secara gratis. 

Tertarik? Silahkan mendaftar di sini. Jadi sambil menunggu waktu berbuka puasa, kita bisa meningkatkan skills untuk kemajuan diri kita.

InfoKomputer NgabuburIT sendiri terselenggara berkat dukungan G2Academy, platform belajar skills digital yang telah sukses melatih ribuan siswa meningkatkan skills digitalnya.