Find Us On Social Media :

Tujuh Cara Gunakan ChatGPT untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja

By Liana Threestayanti, Rabu, 5 April 2023 | 16:30 WIB

Melihat kemampuan ChatGPT yang fenomenal, banyak orang penasaran mengulik pemanfaatannya. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas.

Melihat kemampuan ChatGPT yang fenomenal, banyak orang penasaran mengulik pemanfaatannya. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas.

Seperti kita ketahui, ChatGPT merupakan chatbot artificial intelligence yang mampu melakukan percakapan seperti manusia. Salah satu kemampuan model bahasa besar atau large language model ini adalah bertindak sebagai asisten pribadi, dengan menghasilkan respons yang personal berdasarkan input pengguna, membantu pengguna bekerja lebih cerdas, dan meningkatkan produktivitas. 

Nah inilah beberapa cara memanfaatkan ChatGPT untuk membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah dan meningatkan efisiensi dalam pekerjaan Anda.

1. Memulai hari dengan motivasi

Motivasi adalah hal yang Anda butuhkan saat akan memulai hari, terutama jika hari itu Ana akan menjumpai tugas-tugas yang menantang, misalnya memenuhi deadline yang ketat.

Manfaatkan ChatGPT untuk memberikan Anda inspirasi dan motivasi di awal hari. Masukkan prompt yang sesuai konteks dan lihat bagaimana respons si chatbot AI.

Contohnya, ketikkan “hari ini saya harus bertemu dengan seorang klien penting dan saya gugup. Berikan saya motivasi dan inspirasi.

2. Membantu tugas tulis menulis

Menulis adalah pekerjaan yang ada dalam setiap pekerjaan, misalnya menulis email, membuat dokumen, meringkas laporan dan sebagainya. Tugas ini bisa membuat Anda kerepotan dan menjadi bosan. 

Mengapa tak memanfaatkan ChatGPT sebagai writing assistant Anda? Misalnya, gunakan chatbot ini untuk meringkas laporan. Caranya, salin dan tempel teks laporan ke ChatGPT, dan berikan instruksi untuk mengidentifikasi inti dari laporan dalam bentuk daftar.

ChatGPT pun bisa membantu Anda menulis email untuk para klien. Pastikan Anda memberikan instruksi atau petunjuk yang tepat.

Nah, jika Anda seorang penulis konten atau editor, Anda dapat memanfaatkannya untuk mencari ide tulisan, melakukan riset, atau menerjemahkan konten ke bahasa asing.