Find Us On Social Media :

Dibantu ChatGPT, Sekolah ini Kembangkan Robot Pintar Edukatif

By Adam Rizal, Kamis, 6 April 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT

Siswa sekolah menengah Siprus memanfaatkan kemapuan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT untuk mengembangkan robot prototipe.

Hebatnya, robot yang bernama AInstein memiliki ukuran orang dewasa dan terlihat seperti versi pahatan Manusia Michelin.

Robot canggih itu memanfaatkan ChatGPT untuk meniru fitur manusia dengan kedipan dan kerutan, menceritakan lelucon, berbicara bahasa Yunani dan memberi nasihat tentang bagaimana teori relativitas Albert Einstein.

Salah satu progamer utama Richard Erkhov mengatakan teknologi AI siap meningkat secara eksponensial.

"Robot ini dapat membantu banyak bidang kehidupan, seperti pendidikan dan kedokteran," kata Erkhov kepada Reuters.

Vladimir Baranov mengatakan robot AInstein luar biasa dan meniru pemikiran manusia. "Robot ini dapat meniru pemikiran manusia, menjawab seperti manusia, merespons seperti manusia. Belum terlalu halus .. Tapi sudah sampai di sana," katanya.

"Siswa dapat mengajukan pertanyaan kepadanya, dia dapat menjawab kembali dan dia bahkan dapat memfasilitasi guru untuk menyampaikan pelajaran dengan lebih efektif," kata tutor sekaligus pemimpin proyek Elpidoforos Anastasiou.

Anastasiou mendemonstrasikan bagaimana AI dapat diadaptasi ke ruang kelas.

Robot AInstein itu juga dapat menunjukkan bagaimana pelebaran waktu gravitasi dari teori relativitas dengan menggerakkan pendulum relatif terhadap medan gravitasi tempatnya ditempatkan.

AI Jadi Guru Sekolah

Khan Lab School, sebuah sekolah swasta di Silicon Valley, California, Amerika Serikat (AS) menggunakan teknologi AI OpenAI bernama 'Khanmigo' untuk mengajarkan kepada siswa

Seorang guru Julia Doscher, menganggap para siswa terlalu serius dan fokus kepada matematika. Dia berharap siswa bisa mengajukan pertanyaan konyol lebih banyak kepada Khanmigo.