Find Us On Social Media :

Lima Cara Memanfaatkan ChatGPT untuk Bantu Pelajari Bahasa Asing

By Liana Threestayanti, Senin, 10 April 2023 | 14:30 WIB

Walau ada kekhawatiran dari dunia pendidikan tentang ChatGPT, chatbot AI ini dapat kita manfaatkan dalam proses belajar bahasa asing.

Walau ada kekhawatiran dari dunia pendidikan tentang ChatGPT, chatbot artificial intelligence (AI) ini dapat kita manfaatkan dalam proses belajar. Salah satunya adalah belajar bahasa asing.

Kemampuan merespons ChatGPT adalah salah satu keunggulan yang dapat kita manfaatkan di sini. Kita dapat mengajaknya bercakap-cakap seperti kita berbicara dengan manusia. Ditambah lagi pengetahuan ChatGPT yang luas sehingga ia dapat kita minta mengoreksi, misalnya tata bahasa asing yang kita gunakan.

Nah, apa saja yang dapat kita lakukan dengan ChatGPT, terutama dalam meningkatkan penguasaan bahasa asing? Inilah lima di antaranya.

Latihan bercakap-cakap

ChatGPT dapat membantu kita melatih kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa asing, misalnya ngobrol, percakapan sehari-hari, mempersiapkan wawancara kerja, dan sebagainya. Chatbot AI ini bisa menjadi tool yang bagus terutama saat tidak ada seorang pun yang dapat menjadi teman latihan.

ChatGPT dapat kita minta menulis percakapan dalam berbagai skenario yang bisa kita pelajari. Kita juga dapat melakukan percakapan tertulis dengan chatbot ini. Ketikkan, misalnya, prompt berikut: dapatkah kita bercakap-cakap tentang [topik]?. Kita juga dapat meminta chatbot AI ini mengoreksi kesalahan dan memintanya membuat daftar kosakata tertentu dalam percakapan.

Gunakan ChatGPT untuk berlatih percakapan berdasarkan skrip tertentu. Misalnya, minta ChatGPT menulis skrip percakapan antara supervisor dan staf saat melakukan rapat.

Belajar tata bahasa (grammar)

Tidak hanya melatih kemampuan bercakap-cakap, ChatGPT juga dapat membantu kita meningkatkan kemampuan tata bahasa asing lho. Pemanfaatan chatbot ini dapat menjadi ide bagi para guru yang mencari cara-cara baru mengajarkan tata bahasa atau grammar kepada murid. Untuk pembelajar bahasa asing mandiri, tool AI ini bisa digunakan sebagai grammar checker, sumber informasi, dan untuk memberikan feedback. 

Kita bisa minta ChatGPT menuliskan teks menggunakan bentuk tenses atau tata bahasa tertentu. Ketikkan, misalnya, “buat cerita pendek menggunakan past perfect tense.” Atau minta ChatGPT memberikan penjelasan mengenai aturan tata bahasa tertentu. 

Selanjutnya, kita dapat memanfaatkan chatbot AI ini untuk mengoreksi kalimat-kalimat yang kita tulis berdasarkan tata bahasanya. Kemudian minta ChatGPT menjelaskan alasannya membuat koreksi tersebut.

Menambah kosa kata