Find Us On Social Media :

Review Canon PIXMA Ink Efficient G3770: Tinta Isi Ulangnya Bikin Hemat

By Dayu Akbar, Selasa, 11 April 2023 | 08:00 WIB

Canon PIXMA Ink Efficient G3770

Canon cukup rajin memperbarui lini printer multifungsi seri PIXMA seri G. Setelah sebelumnya hadir seri G1020, G2020, G3020, dan G3060, kali ini hadir seri Canon PIXMA Ink Efficient G3770. Seri ini sendiri hadir bersamaan dengan seri lainnya seperti G4770, G2770 dan G1737. Bahkan setelahnya hadir pula seri-seri seperti PIXMA Ink Efficient G3730, G2730, dan G1730.

Namun khusus kali ini kami akan coba bahas seri G3770. Dari sisi fitur dan fungsi, G4770 dan G3770 mirip, dan yang membedakan adalah G3770 yang tidak menyertakan fungsi faksimili fitur Automatic Document Feeder (ADF) seperti yang ada pada G4770. Sebagai perangkat multifungsi, Canon PIXMA Ink Efficient G3770 bisa digunakan sebagai printer (pencetak), scanner (pemindai), dan juga copier (pengganda). Hal ini menjadikan G3770 cocok untuk berbagai kebutuhan cetak, copy atau digitalisasi dokumen di rumah hingga kantor skala kecil.

Bidik pengguna rumahan maupun kantoran, printer ini hadir dengan pilihan warna putih, hitam, dan merah.

Jika Anda mengamati printer multifungsi besutan Canon tersebut, desain masih mirip-mirip. Bagian atasnya merupakan area flatbed untuk memindai dan menggandakan dokumen. Untuk menampung kertas, terdapat tray yang ada di sisi belakang dengan daya tampung hingga 100 lembar, sementara keluaran kertasnya di bagian depan bisa menampung dengan kapasitas sama. Kapasitas ini memang tidak terlalu besar yang mana disesuaikan dengan peruntukannya.

Untuk mengoperasikan secara manual, terdapat operation panel di bagian depan. Dengannya Anda bisa menjalankan beberapa fungsi secara langsung tanpa melalui komputer, misalnya saja fungsi pengandaan dokumen hitam ataupun warna. Sementara dimensinya meski bukan yang paling ringkas namun tetap terasa kompak karena hanya mendukung kertas hingga ukuran A4. Fisiknya ini masih cukup ideal ditempatkan di meja kerja.

Seperti seri PIXMA Ink Efficient lainnya, G3770 menggunakan sistem ink tank atau tangki tinta isi ulang yang mendukung kebutuhan cetak dalam jumlah besar, cepat dan hemat. Bagian depan tangkinya dibuat transparan sehingga Anda bisa melihat kapasitas tinta yang tersedia. Ketersediaan tinta ini juga bisa dilihat dari software ataupun informasi yang ditampilkan pada layar monokrom berbasis teks.

Dengan tangki tinta tersebut, Canon mengklaim bahwa masing-masing warna mampu digunakan untuk mencetak hingga 7000-an lembar, sedangkan warna hitam hingga 6000-an lembar. Jika dirata-ratakan dengan harga masing-masing tinta, biaya operasional sekali cetak sekitar Rp16 saja yang tentu saja sangat ekonomis. Dan jika digunakan untuk mencetak foto, Canon mengklaim bahwa kombinasi tiga warna bisa mencetak hingga 2.200 lembar foto ukuran 4x6 inci. Jadi jika dirata-ratakan kembali maka mencetak satu foto warna ukuran 4x6 inci sekitar Rp53 saja.

Posisi tinta cyan, yellow, dan magenta yang ada di sisi kanan, sedangkan tinta black dengan kapasitas lebih besar di tempatkan di sisi kiri.

Hal unggulan lain yang ditawarkannya adalah proses pengisian yang mudah. Anda tinggal mengangkat cover bagian depan. Canon menempatkan tangki tinta hitam di sisi kiri dan tangki warna cyan, magenta, yellow, di sisi kanan. Kapasitas tangki tinta hitam dibuat lebih besar karena memang paling sering digunakan, khususnya saat mencetak dokumen teks.

Masing-masing bagian atas tangki tinta terdapat penutup yang mudah dibuka tutup. Untuk pengisian, Anda tinggal memasukkan botol tinta ke bagian penutup tangki. Agar terhindar dari tinta tumpah, bagian lubang tangki sudah dibuat agar posisi botol terkunci rapat. Setelah selesai, Anda bisa langsung melakukan proses pencetakan ataupun fungsi lainnya.

Bagi perangkat cetak seperti printer, masalah paper jam terkadang jadi hal yang masih bisa dijumpai. Guna menanggulangi kemungkinan tersebut, Canon membuat bagian belakang printer agar mudah dibuka. Setelah dibuka, Anda bisa dengan mudah mengambil kertas yang tersangkut ataupun bermasalah. Namun hal ini tidak pernah kami jumpai saat kami uji maupun digunakan selama pemgujian sekitar selama satu bulan pemakaian.

Operation panel menyediakan berbagai tombol fungsi seperti untuk melakukan penggandaan dokumen, memindai, mengatur konfigurasi, sampai menampilkan informasi secara langsung.