Plagiarisme, kecurangan, dan ancaman terhadap pengembangan pemikiran kritis adalah beberapa kekhawatiran yang diangkat oleh para pengajar di Singapura karena alat Kecerdasan Buatan (AI) yang canggih seperti DALL-E 2 OpenAI, dan ChatGPT mulai masuk ke arus utama.
Meskipun alat AI dapat cepat merespons, dan mengembalikan respons tekstual atau visual yang cerdas (tampaknya seperti sihir), mereka tidak sempurna - banyak yang memiliki risiko dan keterbatasan, dan demokratisasi AI harus didukung oleh kebijakan yang mencakup etika, transparansi, dan banyak lagi.
Hal tersebut penting untuk banyak sektor, terutama bisnis, di mana AI merampingkan proses dan meningkatkan kecerdasan manusia. Menurut Forrester, “kemajuan pesat di bidang penelitian AI secara mendasar, aplikasi baru dari model yang sudah ada, penerapan tata kelola AI dan kerangka kerja etika dan pelaporan, dan banyak lagi perkembangan akan menjadikan AI sebagai bagian dari faktor yang membuat perusahaan sukses.”
AI sangat penting di Singapura — dan Asia Pasifik — di mana banyak perusahaan ikut terlibat. Pengeluaran untuk perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan AI di seluruh Asia Pasifik diproyeksikan naik dari US$20,6 miliar di 2022 menjadi US$46,6 miliar di 2026, dengan China, India, dan Australia, diperkirakan akan berinvestasi paling banyak, dan Singapura tidak jauh di belakang mereka.
Ketika adopsi AI meningkat, para pemimpin perusahaan harus berinvestasi dalam mengelola bias manusia yang masuk ke dalam algoritma. Dengan menyoroti etika AI, Singapura telah meletakkan dasar melalui inisiatif seperti Verifikasi AI, yang memberikan dasar untuk pengembangan lebih lanjut prinsip-prinsip tata kelola AI.
Dampak bias AI
Sementara beberapa orang telah menyarankan ChatGPT untuk menggantikan Google, CEO Google Sundar Pichai mengatakan pelanggan mempercayai hasil pencarian Google dan bahwa “Anda dapat membayangkan untuk aplikasi seperti pencarian, masalah faktualitas sangat penting dan untuk aplikasi lain, masalah bias dan toksisitas dan keamanan juga sangat penting.”
Sebagai contoh, dengan mengajukan pertanyaan ke ChatGPT dengan cara tertentu dapat menghasilkan hasil yang ofensif dan bias (misalnya ChatGPT telah digunakan untuk memberi peringkat orang yang harus disiksa berdasarkan negara asal).
Di sisi perusahaan, kumpulan data yang bias itu dapat mendorong keputusan berdasarkan prediksi yang tidak tepat. Risiko hukum dan reputasi adalah pertimbangan lain. Misalnya, jika diketahui bahwa sebuah perusahaan menggunakan praktik perekrutan berbasis AI yang bias terhadap kelompok yang terpinggirkan, serangan balasan dapat menjatuhkan perusahaan tersebut.
Bias AI juga menyebabkan kerugian secara mendasar. Dalam survei baru-baru ini terhadap pemilik perusahaan di Inggris dan AS, 36% mengatakan perusahaan mereka menderita karena bias AI dalam algoritma, dan yang paling merusak profitabilitas mereka adalah hilangnya pendapatan (62%) dan kehilangan pelanggan (61%).
Australia dan Singapura saat ini menjadi terdepan dalam upaya mengurangi bias AI di Asia Pasifik.
Singapura telah memperkenalkan platform Verifikasi AI – perangkat tata kelola yang memungkinkan industri menjadi lebih transparan tentang penerapan dan proses AI mereka, sementara Kerangka Etika AI di Australia bertujuan untuk melindungi warga negara, konsumen, dan perusahaan dengan lebih baik.