Find Us On Social Media :

SnackVideo: Wilayah Asia Tertinggi dalam Jumlah Akun Pelanggar HKI

By Rafki Fachrizal, Jumat, 14 April 2023 | 13:15 WIB

Ilustrasi SnackVideo

Sebagai bagian dari rutinitas yang dilakukan dua kali dalam setahun, SnackVideo menerbitkan Laporan Transparansi untuk semester dua tahun 2022 yang berlangsung pada periode 1 Juli sampai 31 Desember 2022.

SnackVideo merupakan platform media sosial berbagi video pendek yang merupakan bagian dari Kuaishou International Business (KSIB) untuk melayani pengguna dari wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Laporan Transparansi ini diterbitkan oleh SnackVideo sebagai perwujudan dari komitmen untuk mempromosikan lingkungan yang aman dan sehat tempat para penggunanya dilindungi dan hak-haknya dihormati.

Dalam hal Hak Kekayaan Intelektual (HKI), pada laporan transparansi ini diketahui bahwa kawasan Asia (tidak termasuk tiongkok) memiliki jumlah terbanyak untuk akun yang melakukan pelanggaran hak cipta dibandingkan dengan kawasan Amerika Latin dan timur Tengah.

Seperti diketahui, bahwa SnackVideo melalui Pedoman Komunitas dan Ketentuan Layanannya, melarang konten yang melanggar kekayaan intelektual pihak ketiga.

Pemegang hak ini dapat mengirimkan laporan yang mengidentifikasi konten yang melanggar hak cipta mereka.

Jika laporan lengkap dan valid, maka SnackVideo akan segera bertindak untuk menghapus konten yang melanggar.

Selama paruh kedua tahun 2022 (1 Juli hingga 31 Desember), SnackVideo menerima 466 laporan pelanggaran IP, dan menindaklanjutinya secara keseluruhan.

Untuk wilayah Asia (tidak termasuk Tiongkok) terdapat sebanyak 222 laporan menyusul Amerika Latin sebanyak 204 laporan, dan Timur Tengah 40 laporan.

Dalam hal Penegakkan Pedoman Komunitas, selama paruh kedua 2022, SnackVideo telah menghapus sebanyak 7.525.300 video karena melanggar Pedoman Komunitas dan Persyaratan Layanan.

Penghapusan video ini didasarkan pada alasan kebijakan berupa:

Selain penghapusan konten video, sebagai perwujudan Penegakkan Pedoman Komunitas, SnackVideo juga telah melakukan penghapusan akun, mengoptimalkan fitur laporan dan memperbarui fitur banding, serta menanggapi permintaan resmi dari badan penegak hukum yang berkaitan dengan pembatasan konten dan data pengguna.

Untuk semester dua tahun 2022, Laporan Transparansi juga menyampaikan upaya KSIB dalam Menjaga Keamanan Komunitas, terutama yang berkaitan dengan pemilihan umum Presiden Brasil yang berlangsung sepanjang Oktober 2022, serta Penegakkan Pedoman Komunitas di wilayah KSIB beroperasi, yaitu di Amerika Latin, Asia Selatan dan Asia Tenggara, serta Timur Tengah dan Afrika Utara.