Find Us On Social Media :

AWS Luncurkan Layanan Bedrock, Bikin AI Generatif Sesuai Kebutuhan

By Adam Rizal, Sabtu, 15 April 2023 | 11:30 WIB

Amazon Web Services (AWS).

Amazon Web Services (AWS) memperkenalkan layanan BedrockYang memungkinkan pelanggan membangun aplikasi AI generatif yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, kehadiran Bedrock akan menambah amunisi AWS untuk bersaing dengan Microsoft dan Google dalam bidang AI.

Dengan Bedrock, pelanggan dapat memakai layanan AI Amazon lainnya yaitu Titan dan mendapatkan menu model yang ditawarkan oleh pihak ketiga seperti startup AI21 Labs, Anthropic, dan Stability AI.

Layanan Bedrock juga memungkinkan pelanggan AWS menguji coba teknologi tersebut tanpa harus berurusan dengan server pusat data dasar yang menjalankannya seperti dikutip Reuters.

Server-server yang mendasari layanan itu akan menggunakan campuran chip AI kustom Amazon sendiri serta chip dari Nvidia.

Tambah Investasi 

Perusahan cloud raksasa Amazon Web Services akan mengucurkan dana investasi lebih dari USD13 miliar atau Rp185 triliun di Australia selama lima tahun ke depan sebagai bagian strategi perusahaan untuk mengembangkan bisnis cloud computing di Melbourne dan Sydney serta menjalankan data center-nya berbasis energi terbarukan.

AWS sendiri telah menghadirkan layanan cloud-nya di Sydney pada 2012 dengan membawa nilai investasi USD9,2 miliar atau Rp131 triliun.

Nantinya nilai investasi terbaru AWS itu juga akan digunakan untuk perluasan dan akan membuka lapangan pekerjaan untuk 11.000 posisi termasuk karyawan langsung, kontraktor, dan pemasok konstruksi, pemeliharaan, teknik, dan komunikasi.

Direktur negara Australia dan Selandia Baru di AWS Worldwide Public Sector, Iain Rouse, mengatakan investasi itu mencakup berbagai kebutuhan pusat data, dengan mencatat bahwa perusahaan tersebut telah menghabiskan $620 juta untuk infrastruktur jaringan seperti jaringan fiber. Perusahaan-perusahaan di Sydney dan Melbourne memilih tempat untuk menghosting layanan mereka berdasarkan lokasi pelanggan mereka.

"Jika saya menginginkan transaksi yang lebih cepat untuk memesan penerbangan atau memesan tumpangan atau melakukan transaksi perbankan. Saya dapat membuat keputusan untuk [host] dari Melbourne atau [host] dari Sydney," kata Rouse seperti dikutip The Guardian.

Pelanggan Amazon termasuk Atlassian, Qantas, NAB, dan lembaga pemerintah termasuk Biro Statistik Australia, Patologi Kesehatan NSW, dan Departemen Pendidikan Australia Barat.

Perusahaan ini juga telah memperluas layanan "zona lokal" yang menyediakan layanan cloud serupa untuk orang-orang di Perth, dengan Brisbane akan segera diumumkan.