Find Us On Social Media :

Nih! Macam-macam Jaringan Komputer, Manfaat dan Perangkat Pembangunnya

By Adam Rizal, Kamis, 20 April 2023 | 12:00 WIB

Seringnya saat ini banyak muncul berbagai kanal online sepeti youtube. Kemudahan akses oleh penonton tersebut karena adanya teknologi yang mumpuni dari jaringan komputer. Apa saja macam-macam jaringan komputer? Berikut jenis-jenisnya.

Apa Itu Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Jaringan komputer  adalah sekelompok perangkat yang terhubung satu sama lain melalui media transmisi seperti fiber optik, kabel, atau gelombang radio. Jaringan komputer ini menghubungkan perangkat berupa komputer, printer, scanner, mesin Fax, handpone dan  lain-lain.

Sebuah jaringan dibangun dengan formasi konfigurasi hardware dan  perangkat lunak guna membentuk sebuah sistem yang bisa bekerja. Untuk dapat memahami manfaat detail dari jaringan komputer, Anda dapat melakukan kursus komputer online dengan tenaga ahli.

Sebagai akibatnya manfaat dibuatnya sebuah jaringan komputer pada sebagai berikut.

Macam-Macam Jaringan Komputer

  1. Local Area Network (LAN)

Jaringan ini merupakan jenis jaringan terkenal untuk menghubungkan sekelompok personal komputer  atau perangkat bersama-sama pada area kecil seperti gedung serta kantor.

Kecepatan transfer di jaringan LAN cukup lebih cepat dan  memberikan keamanan yang lebih tinggi.

  1. Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN menghubungkan beberapa LAN serta mencakup seluruh wilayah geografis seperti kota atau area kampus.

Dalam hal kecepatan transfer data dan delay di jaringan MAN berada pada rentang sedang.  

  1. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network artinya jaringan yang mencakup area geografis yg luas mirip negara.

Jaringan WAN tidak terbatas pada satu lokasi, namun meliputi area geografis yang luas melalui saluran telepon, kabel fiber optic, atau satelit link.

Internet adalah bagian dari WAN terbesar di dunia. Wide Area Network banyak dipergunakan dalam bidang usaha, pemerintahan, serta pendidikan.

  1. Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network merupakan jaringan yg diatur hanya untuk satu orang, biasanya dalam jarak 10 meter. Jaringan PAN dipergunakan untuk menghubungkan perangkat komputer bagi penggunaan eksklusif.