Find Us On Social Media :

Harga Chip AI Nvidia Mahal, Microsoft Bikin Chip AI Buatan Sendiri

By Adam Rizal, Kamis, 20 April 2023 | 13:00 WIB

Microsoft AI

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan memegang peranan penting di masa depan, mengingat banyak perangkat teknologi yang akan mengadopsi teknologi AI tersebut.

Salah satu komponen terpenting dalam pengembangan AI adalah chipset khusus yang menawarkan komputasi tingkat tinggi.

Baru-baru ini, Microsoft pun sedang mengerjakan chip AI buatannya sendiri yang akan melatih model bahasa terbaru dan menghindari ketergantungan pada chipset Nvidia yang mahal.

Microsoft telah mengembangkan chip AI sejak 2019 dan Microsoft juga mengerjakan chip berbasis ARM. Microsoft juga akan merancang sendiri prosesor server tersebut untuk perangkat Surface di masa mendatang.

Meski belum tersedia, Microsoft telah bekerja sama dengan AMD dan Qualcomm untuk mengembangkan chip khusus perangkat Surface Laptop dan Surface Pro X seperti dikutip The Verge.

Sebelumnya, Amazon, Google, dan Meta juga telah memiliki chip buatannya sendiri untuk pengembangan AI tetapi sebagian besar perusahaan saat ini masih mengandalkan chip Nvidia.

Nvidia sendiri adalah pemasok utama chip server AI saat ini. OpenAI sendiri membutuhkan lebih dari 30.000 GPU A100 milik Nvidia untuk melatih dan menjalankan ChatGPT.

Sementara itu, GPU H100 terbaru Nvidia dijual seharga lebih dari 400.000 Dolar Amerika Serikat di eBay. Hal ini menunjukkan tingginya permintaan untuk chip kelas atas yang dapat membantu pengembangan perangkat lunak AI.

Ketersediaan perangkat lunak ini diperkirakan akan hadir dalam Microsoft dan OpenAI pada awal tahun depan.

Tak hanya itu, Microsoft pun disebutkan sudah memiliki rencana pengembangan lebih lanjut yang mencakup beberapa generasi mendatang.

AI Image Generator

Microsoft Edge