Find Us On Social Media :

Fitur AWS Cost Anomaly Detection Mampu Melacak Sumber Daya Cloud

By Adam Rizal, Senin, 24 April 2023 | 13:00 WIB

Amazon Web Services (AWS).

Amazon Web Services (AWS), penyedia layanan cloud terkemuka di dunia, meluncurkan fitur baru yang memudahkan pengguna dalam mengelola dan melacak penggunaan sumber daya cloud mereka. Fitur baru tersebut dinamakan AWS Cost Anomaly Detection.

AWS Cost Anomaly Detection memungkinkan pengguna untuk mendeteksi anomali biaya yang tidak biasa dalam penggunaan sumber daya cloud mereka. Fitur ini menggunakan machine learning untuk membandingkan biaya penggunaan sumber daya cloud dengan pola penggunaan normal, dan memberikan notifikasi kepada pengguna jika terjadi kenaikan biaya yang tidak biasa.

Selain itu, AWS Cost Anomaly Detection juga dapat membantu pengguna dalam menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya cloud mereka, seperti konfigurasi yang tidak efisien atau penggunaan sumber daya yang tidak terpakai. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya cloud mereka dan mengurangi biaya.

"Kami terus berusaha untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami. AWS Cost Anomaly Detection adalah salah satu fitur baru yang dirancang untuk membantu pengguna kami menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya cloud mereka," kata seorang perwakilan dari AWS.

AWS Cost Anomaly Detection telah tersedia untuk pengguna AWS di seluruh dunia mulai tanggal 23 April 2023. Fitur ini dapat diakses melalui dashboard AWS atau melalui API AWS.

AWS Security Hub

AWS (Amazon Web Services) telah meluncurkan layanan cloud terbarunya AWS Security Hub yang dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi bisnis.

AWS Security Hub dapat memberikan solusi yang dapat mengintegrasikan layanan keamanan yang berbeda dalam satu tempat, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengelola keamanan data dan infrastruktur mereka.

AWS Security Hub memudahkan pelanggan dalam mengumpulkan data keamanan dari berbagai layanan AWS dan juga dari sumber-sumber eksternal lainnya.

Dengan begitu, pelanggan dapat mengelola semua informasi keamanan dari satu tempat yang terpusat, dan mendapatkan pandangan yang lebih komprehensif tentang ancaman keamanan yang mungkin mempengaruhi bisnis mereka.

Cara kerja AWS Security Hub adalah dengan mengumpulkan informasi keamanan dari berbagai layanan AWS, seperti AWS Identity and Access Management (IAM), Amazon GuardDuty, Amazon Inspector, AWS Firewall Manager, dan AWS Config, serta dari sumber-sumber eksternal lainnya.

"Data keamanan ini kemudian dikumpulkan, dianalisis, dan dikirimkan ke dashboard yang terpusat, sehingga pelanggan dapat melihat pandangan yang komprehensif tentang ancaman keamanan yang mungkin mempengaruhi bisnis mereka," tulis AWS dalam situsnya.