Find Us On Social Media :

Tantang ChatGPT, Rusia Luncurkan Platform Chatbot AI GigaChat

By Adam Rizal, Selasa, 25 April 2023 | 11:45 WIB

Ilustrasi ChatGPT

Perusahaan teknologi asal Rusia, Sber, memperkenalkan platform artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan GigaChat yang akan menantang kedigdayaan chatbot AI ChatGPT.

"GigaChat adalah chatbot AI pertama Rusia," kata Sber seperti dilansir dari situs AFP.

Pimpinan Sber, German Gref mengatakan peluncuran GigaChat adalah terobosan bagi dunia teknologi Rusia karena mampu melakukan percakapan, menulis pesan, menanggapi pertanyaan faktual, menulis kode, hingga membuat gambar dari deskripsi. GigaChat akan menantang hegemoni chatGPT di pasar sekaligus meramaikan perlombaan teknologi antara AS-Rusia.

Negara Blokir ChatGPT 

Layanan chabot berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT sukses mendisrupsi industri teknologi dengan kemampuannya yang mengesankan. Dalam sekejap, pengguna chatGPT langsung meroket dan menginspirasi perusahaan IT lainnya memperkenalkan layanan serupa.

Sayangnya tidak semua negara dapat mengakses layanan chatbot ChatGPT seperti Italia, Korea Utara, Iran, Rusia, dan China.

Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengancam akan menghentikan akses ChatGPT jika tidak terdaftar dalam penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Baru-baru ini Otoritas Perlindungan Data Italia (Garante per la protezione dei dati personali) telah meminta OpenAI untuk menghentikan akses ChatGPT di Italia karena permasalahan keamanan data dan privasi pengguna.

Garante mengungkapkan OpenAI mengumpulkan dan menyimpan data pribadi dalam jumlah besar untuk tujuan "melatih" algoritme.

Garante juga menyerat kasus ChatGPT yang membocorkan obrolan pengguna dan informasi pembayaran walaupun OpenAI telah mengungkapkan penyebab kebocoran obrolan pengguna itu karena adanya bug.

Permasalahan lainnya, Garante melihat ChatGPT tidak menghadirkan sistem verifikasi usia seperti platform media sosial pada umumnya. "ChatGPT mengekspos anak di bawah umur karena jawaban yang diberikan sama sekali tidak sesuai dengan tingkat perkembangan dan kesadaran mereka," katanya.

OpenAI telah melakukan klarifikasi bahwa perusahaan berkomitmen untuk menjaga privasi orang dan memberikan pengembalian dana kepada semua pengguna di Italia yang membeli langganan ChatGPT Plus pada Maret.