Find Us On Social Media :

Nih! Keuntungan Ikut Bimbel Intensif UTBK SNBT 2023 di Brain Academy

By Adam Rizal, Rabu, 3 Mei 2023 | 20:15 WIB

Brain Academy by Ruang Guru

Apakah kamu siswa SMA kelas 12 yang sedang kelimpungan mempersiapkan diri menghadapi UTBK SNBT 2023? Sudah sampai mana persiapannya?

Mempersiapkan UTBK SNBT ini lumayan tricky lho, terlebih jika kamu hanya mengandalkan proses pembelajaran di sekolah tanpa latihan di luar jam itu. Tingkat persaingan dari jurusan impian kamu juga mesti menjadi bahan pertimbangan.

Lalu, apa yang berbeda dengan SNBT di tahun 2023 ini? Sekadar mengingatkan lagi ya, SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang saat ini dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang bekerja sama dengan PTN.

Nah, yang berbeda di tahun 2023 ini adalah SNBT menggantikan SBMPTN dengan tujuan mensinkronkan transformasi kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka.

Sehingga, seleksi model baru ini pun dinilai akan lebih mendorong siswa untuk belajar secara inklusif dan menyeluruh. Seleksi nasional berdasarkan tes akan menguji beberapa hal seperti potensi kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris. Seleksi ini terbuka untuk siswa dari latar belakang apa saja lho, tidak ada diskriminasi. Kamu yang dari lulusan SMA/MA/SMK/sederajat bahkan Kejar Paket C juga bisa ikut meramaikan seleksi ini, asalkan lulus tahun 2023, 2022, dan 2021.

Berikut ini adalah tiga hal yang bisa menjadi referensi kamu mempersiapkan diri menghadapi UTBK SNBT yang akan datang sebentar lagi! Apa saja?

Buat Target Jangka Pendek yang SMART

Dengan sisa waktu yang ada ini, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah berpikir dengan jernih mengenai jurusan dan perguruan tinggi mana yang kamu inginkan. Dari sini, mulai pikirkan konsekuensi dari masing-masing pilihan yang akan kamu ambil. Katakanlah, kamu mempunyai tiga pilihan jurusan. Dari ketiga jurusan tersebut, buatlah daftar konsekuensi positif dan negatif di masa depan.

Caranya, kamu bisa mencari informasi melalui internet, berdiskusi dengan senior atau kakak tingkat, guru, tutor, ataupun orang yang lebih tua lainnya. Mengingat sebagai anak SMA yang mungkin masih minim pengalaman ini, cobalah banyak bertanya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, kamu bisa mulai mencari informasi akurat seputar passing grade atau rata-rata nilai UTBK di masing-masing perguruan tinggi dan jurusan yang diincar.

Hal tersebut penting karena berguna sebagai gambaran atau referensi sebelum kamu mulai bertempur dalam ujian nanti. Nah, urutkan dari ketiga jurusan itu berdasarkan level kesulitan untuk lolosnya, beri ranking.

Setelah mendapatkan jurusan dan perguruan tinggi favorit, buatlah target belajar yang realistis, terukur, spesifik, dan sesuai (SMART). Buatlah coret-coretan di buku catatan pribadi kamu yang sering diakses atau dibuka. Untuk lebih praktis, kamu bisa menempelkan catatan tersebut di tempat-tempat yang mudah dilihat, seperti meja belajar, dinding kamar, ruang makan, dan lainnya. Jika ingin lebih kekinian, gunakan aplikasi note yang diinstal di gawai seperti sticky notes, evernote, google keep, dan lainnya. 

Tentukan Metode Belajar yang Paling Cocok

Berbicara mengenai metode belajar ini masing-masing orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jadi, ada baiknya kamu tidak perlu risau jika berbeda dengan sahabat atau teman akrab nantinya. Fokuslah pada pengembangan diri kamu yang harus mencapai suatu target di tahun 2023.

Untuk menentukan metode apa yang paling cocok, sebelumnya kamu bisa mengevaluasi diri bagaimana progress dan pengalaman belajar yang sudah terbangun? Apakah sudah belajar mati-matian namun hasilnya kurang memuaskan? Atau merasa lemah pada salah satu materi yang akan diujikan, seperti kurang bagus di matematika tapi bahasa Inggris bagus.