Find Us On Social Media :

Google Mulai Tampilkan Fitur Keamanan Verifikasi Centang Biru di Gmail

By Adam Rizal, Kamis, 4 Mei 2023 | 15:30 WIB

Gmail

Google mulai menampilkan tanda centang biru di sebelah nama pengirim yang terpilih di Gmail untuk memverifikasi identitas mereka.

Tanda centang biru baru itu akan muncul di samping perusahaan yang telah mengadopsi fitur Brand Indicators for Message Identification (BIMI) Gmail.

Google sendiri telah menghadirkan fitur BIMI pada 2021. Fitur itu mengharuskan pengirim menggunakan autentikasi yang kuat dan memverifikasi logo merek mereka untuk menampilkan logo merek sebagai avatar di email.

Anda dapat melihat ikon tanda centang untuk pengirim yang telah menggunakan fitur BIMI. Kehadiran verifikasi centang biru itu akan membantu pengguna mengidentifikasi pesan dari pengirim yang sah.

“Autentikasi email ini dapat meningkatkan sistem keamanan, menghentikan spam, dan meningkatkan kepercayaan merek para pengirim,” ujar Google dalam posting blog seperti dikutip TechCrunch.

“Cara ini meningkatkan kepercayaan pada sumber email dan memberi pembaca pengalaman mendalam, menciptakan ekosistem email yang lebih baik untuk semua orang," ujarnya.

Tanda centang biru telah menjadi berita utama selama beberapa bulan terakhir, sebagian besar karena kekacauan di Twitter yang dimulai ketika jejaring sosial milik Elon Musk mulai menjual verifikasi.

Twitter secara resmi menghilangkan tanda centang biru lama, sementara awal minggu ini sebuah kesalahan mengembalikannya sesaat jika Anda memperbarui bio Anda.

Tingkatkan Keamanan

Ilustrasi Gmail.

Gmail merupakan salah satu layanan e-mail yang paling populer di dunia. Sejumlah pihak pun menyebutkan Gmail sebagai layanan e-mail yang terbanyak dipakai di dunia. Menurut Statistics and Data misalnya, pada akhir tahun 2020, Gmail memiliki sekitar 1,7 miliar pengguna aktif di dunia. Sedikit banyak hal tersebut dipengaruhi oleh maraknya penggunaan smartphone Android.

Namun, makin banyak suatu layanan siber digunakan, biasanya makin banyak pula cyber threat alias ancaman siber yang mengintainya. Google contohnya mengeklaim menghentikan lebih dari 100 juta e-mail phishing untuk masuk ke inbox Gmail setiap harinya. Beberapa tahun lalu kabar mengenai jutaan akun Gmail (beserta password-nya) diperdagangkan secara daring juga mengemuka.

Hal itu sejalan dengan makin maraknya cyber attack alias serangan siber yang menandai pula makin pentingnya cyber security alias keamanan siber, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Khusus di Indonesia, BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) menyebutkan sepanjang bulan Januari sampai Agustus tahun 2021, terdapat sekitar 888 juta cyber attack di Indonesia; meningkat pesat dari sepanjang tahun 2020 yang “hanya” 495 juta.