Find Us On Social Media :

Mau Jadi Talenta Ekonomi Digital Siap Kerja? Ini Tipsnya dari Lazada

By Rafki Fachrizal, Kamis, 4 Mei 2023 | 18:15 WIB

Ilustrasi Talenta Ekonomi Digital.

Ekonomi digital di tanah air memiliki potensi besar untuk terus berkembang lagi. Untuk mendukung berkembangnya ekonomi digital di Indonesia, tentunya juga diperlukan talenta ekonomi digital yang memadai baik dari aspek jumlah maupun kompetensi.

Terkait dengan talenta ekonomi digital, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2023 yang bertemakan “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar” belum lama ini, Lazada Indonesia kembali menegaskan komitmennya mendorong generasi muda Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri untuk menjawab kebutuhan industri yang terus berubah di era ekonomi digital.

Dengan kapasitas dan kemampuan mumpuni, generasi muda Indonesia bisa menjadi talenta siap kerja yang mampu berkontribusi untuk Indonesia.

Di sisi lain, Studi Lazada 2021 mengenai pengembangan talenta ekonomi digital menunjukkan masih banyak talenta muda Indonesia yang belum siap menghadapi perkembangan ekonomi digital yang sangat cepat.

Penyebabnya adalah kurangnya kesadaran untuk beradaptasi dan belajar keterampilan baru, khususnya untuk pekerjaan yang bertransformasi secara dinamis.

Padahal, diperkirakan akan tercipta 3,7 juta tambahan pekerjaan pada 2025 yang sesungguhnya bisa menjadi peluang bagi talenta muda Indonesia.

Lantas, apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi talenta ekonomi digital, baik yang siap kerja atau pun berkeinginan menjadi pencipta lapangan kerja?

Simak beberapa tips dari Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo berikut ini.

1. Pahami Diri Kita Sendiri: Kelebihan, Kelemahan, dan Passion

Pemahaman diri atas passion, kemampuan diri, kelebihan dan kelemahan menjadi hal yang penting.

Pemahaman diri bisa dilakukan lewat Self Assesment yang saat ini sudah banyak tersedia dalam bentuk tes mandiri di internet.

Jika merasa belum puas, maka kamu juga bisa berkonsultasi dengan pakar yang ahli di bidangnya.

“Dengan mengetahui passion dan kemampuan diri, kamu bisa melihat peluang pekerjaan seperti apa yang cocok untukmu serta apa saja yang harus kamu lakukan untuk terus meningkatkan kemampuanmu,” jelas Ferry.