Find Us On Social Media :

Gandeng AWS, eCloudvalley Dorong Ekspansi dan Pertumbuhan Bisnis

By Adam Rizal, Sabtu, 6 Mei 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi AWS (Amazon Web Services)

eCloudvalley Digital Technology (ECV), penyedia solusi cloud global terkemuka yang memiliki eksistensi kuat di ASEAN, dan Amazon Web Services (AWS) Premier Tier Services Partner, hari ini mengumumkan Perjanjian Kolaborasi Strategis (Strategic Collaboration Agreement/SCA) multi-tahun dengan AWS.

ECV merupakan mitra cloud-native yang telah menggunakan AWS secara menyeluruh dan akan memanfaatkan cloud yang paling komprehensif dan diadopsi secara luas di dunia ini untuk berekspansi ke Australia dan Uni Emirat Arab (UEA) guna membantu para pelanggannya dalam mengakselerasi transformasi digital.

Di bawah SCA, dengan menggabungkan pelatihan global AWS dan ahli cloud lokal ECV, kedua belah pihak bertujuan untuk mempercepat penerapan solusi cloud untuk startup, usaha kecil dan menengah (UKM), dan enterprise.

Untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi pelanggan, ECV berencana untuk memperluas Praktik Migrasi dan Modernisasi serta menyediakan layanan yang berbeda untuk membangun, memigrasikan, mengelola, mengoperasikan, dan mengoptimalkan infrastruktur dan aplikasi AWS pelanggan.

Perjanjian ini mendukung ECV untuk mengembangkan spesialisasi industri di bidang Jasa Keuangan, Manufaktur, dan Ritel, serta memperluas jejak globalnya yang saat ini telah memiliki 10 kantor di seluruh dunia, termasuk Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Indonesia, Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memungkinkan ECV membangun laboratorium inovasi baru dengan AWS dengan fokus pada peluncuran layanan baru tentang Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG), Analisis Data, dan keamanan cloud untuk memenuhi permintaan industri.

Laboratorium ini bertujuan untuk mengembangkan solusi cloud baru yang berfokus pada industri dalam skala besar, sehingga dapat membantu pelanggan ECV menavigasi transformasi digital mereka.

Pada Agustus 2021, ECV merupakan mitra ASEAN pertama yang meraih AWS Machine Learning (ML) Competency, sebagai pengakuan atas keahliannya dalam menghadirkan solusi ML di AWS.

ECV dan AWS berencana untuk berkolaborasi dalam memperluas data dan analitik ECV, serta metode AI/ML, dengan memanfaatkan metode terbaik dari masing-masing organisasi. ECV dapat mendorong efisiensi dan skala dengan membangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan data pelanggan saat ini dan di masa depan.

Dengan transformasi digital yang semakin cepat pada bisnis dan lembaga pemerintah di seluruh dunia, permintaan akan pekerja digital tingkat lanjut akan tetap kuat di tahun-tahun mendatang.

Menurut penelitian Gallup dan AWS terbaru, 76% perusahaan di Asia Pasifik melaporkan bahwa mereka sedang mencari lowongan yang membutuhkan keterampilan digital, tetapi 72% mengatakan sulit untuk menemukan talenta yang mereka butuhkan.

SCA mendukung ECV untuk mendirikan Cloud Center of Excellence (CCoE) dan memperkuat Kompetensi AWS.