Find Us On Social Media :

Cegah Phishing, Google Bakal Terapkan Sistem Keamanan Passkeys

By Adam Rizal, Selasa, 9 Mei 2023 | 13:00 WIB

Google Passkey

Google akan meluncurkan fitur keamanan terbaru Passkeys yang memungkinkan pengguna masuk aplikasi dan situs web tanpa menggunakan kata sandi apa pun.

Fitur itu memiliki cara kerja yang sama seperti membuka kunci ponsel menggunakan sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN kunci layar, yang berarti tahan terhadap serangan online seperti phishing.

Saat ini layanan Passkeys tersedia untuk akun Google, dan akan segera kompatibel untuk akun Google Workspace. Untuk Google Workspace, administrator akan dapat mengaktifkan kunci sandi untuk pengguna akhir mereka selama proses login.

"Kami telah mengambil langkah maju yang besar dalam perjalanan menuju masa depan tanpa kata sandi," kata Google dalam posting blog dikutip dari Gizmodo.

Passkeys atau kunci sandi adalah kunci kriptografis unik yang dikaitkan dengan perangkat yang, jika digabungkan dengan pengenal pribadi, dapat digunakan untuk membuka kunci akun Anda.

Kunci itu juga dapat dibagikan dengan perangkat lain melalui Cloud. Prosesnya telah dirancang agar benar-benar sederhana: Anda dapat masuk dengan kunci sandi menggunakan wajah, sidik jari, atau PIN.

"Ini akan sangat mirip dengan menggunakan salah satu pengidentifikasi tersebut untuk membuka kunci ponsel," ujarnya.

Ubah Tampilan

Ilustrasi Google Search

Google akan mengubah tampilan mesin pencari Google Search sehingga lebih menarik secara visual dan meningkatkan jumlah pengguna.

Google harus berubah dari segala sisi, melihat perkembangan kompetitor yang tumbuh masif setelah mesin pencari Microsoft Bing mengadopsi ChatGPT

Alasan lainnya, Google ingin mengincar lebih banyak anak milenial yang melek teknologi untuk menggunakan platformnya termasuk Google Search seperti dikutip Reuters.