Find Us On Social Media :

Tingkatkan Kemampuan AI, Google Kenalkan Teknologi Baru PaLM 2

By Adam Rizal, Jumat, 12 Mei 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi Google AI

Google memperkenalkan salah satu terobosan di bidang artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan chatbot Bard yang mampu menjawab pertanyaan dan melaksanakan permintaan pengguna mulai dari membuat draft Gmail, hingga melakukan pengeditan foto lewat Google Photos. Tak hanya itu, Google juga memperkenalkan teknologi PaLM 2 yang akan membantu pengembangan dan kemampuan AI di masa depan sekaligus membuat ekosistem AI menjadi lebih baik.

Google berjanji akan membuat teknologi AI lebih bermanfaat untuk orang banyak.

PaLM 2 dirancang berdasarkan riset-riset dan infrastruktur Google yang akan sangat berguna untuk para developer atau programmer.

Google memberikan nama-nama dari PaLM 2 itu sendiri seperti Gecko, Otter, Bison, dan Unicorn. Gecko adalah model PaLM 2 yang paling ringan dan menawarkan kecepatan dalam interaksi serta bagus dalam aplikasi. Google melatih PaLM 2 dengan berbagai informasi dan topik ilmiah sehingga teknologi sangat jago dalam logika dan penalaran.

Hebatnya, PaLM 2 mampu mengoperasikan lebih dari 1000 bahasa berkat pelatihan intens dalam teks multi-bahasa.

Google juga memperkenalkan Sec-PaLM yang mengusung teknologi AI yang memudahkan para pakar keamanan memahami dan mengatasi berbagai ancaman keamanan.

Google juga memperkenalkan Med-PaLM 2 yang memberikan bantuan pengetahuan dalam bidang medis dan mempunyai performa mendekati ahli klinis.

Perbedaan Bard dan Google Search AI

Google Bard

Google memperkenalkan mesin pencari Google Search berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan atau Google menyebutnya Search Generative Experience.Lantas, apa perbedaan Google Search berbasis AI dengan chatbot AI Google Bard?

Secara tampilan, mesin pencari Google berbasis AI terlihat masih sama dengan pencarian yang sudah dikenal selama ini dan lebih difokuskan untuk menjawab pertanyaan

Bagian atas halaman hasil akan menampilkan jawaban yang dihasilkan AI dan tautan tradisional ke Web akan tetap di bawah. Misalnya, penelusuran untuk “Cuaca San Francisco" seperti biasa akan mengarahkan pengguna ke prakiraan cuaca selama delapan hari.