Find Us On Social Media :

Evolusi Teknologi Smart Video dan Edge

By Rafki Fachrizal, Minggu, 14 Mei 2023 | 07:30 WIB

Penulis: Veronica Lim, Senior Sales Manager, Western Digital Indonesia

Pada tahun 2025, pasar global untuk kamera pengawas CCTV diperkirakan tumbuh mencapai hampir $50 miliar, menurut data IDC. Seiring dengan meningkatnya tren smart video, yang dibarengi dengan peningkatan penggunaan Artificial Intelligence (AI), hal ini akan mendorong pengembangan arsitektur data di edge.

Kemampuan AI terbukti sangat baik dalam mengeksekusi tugas-tugas spesifik dalam skala kecil. Namun, kehadirannya bukan bertujuan untuk melatih teknologi cara berpikir seperti manusia, melainkan melatih komputer untuk bisa menangkap, menganalisa, dan mempelajari dunia dengan cara yang cepat dan akurat.

Keunggulan terbesar AI adalah kemampuannya untuk menjalankan fungsi komputasi – seperti pengenalan objek, deteksi gerakan, dan pelacakan atau penghitungan objek/orang – dan memanfaatkannya dalam kondisi yang tepat. Karena itu, tidak heran jika sebentar lagi kita akan menyaksikan penggabungan teknologi smart video, AI, dan data sensor di berbagai sektor industri.

Studi kasus skala besar

Smart video adalah kunci dari sistem keamanan dan pengawasan (surveillance) di dunia modern. Namun, harus diakui bahwa pengaplikasiannya semakin meluas ke fungsi lainnya, seperti untuk keperluan medis, analisa olahraga, pabrik, manajemen lalu lintas, bahkan drone yang digunakan untuk mengawasi lahan pertanian.

Kemajuan teknologi membuat penggunaan smart video semakin cerdas. Misalnya, dalam “smart city”, kamera dan AI akan menganalisa pola di jalan raya dan mengatur lampu lalu lintas agar bisa memperlancar arus kendaraan, mengurangi kemacetan dan polusi, serta meningkatkan keselamatan pejalan kaki.

Contoh lainnya adalah “smart factory”, di mana AI bertugas untuk mendeteksi kekurangan dalam lini produksi dan memperbaikinya secara real-time untuk mengurangi kesalahan. Penggunaan kamera pintar bisa menjadi sangat efektif dalam skenario ini, karena mampu memberikan jaminan kualitas, menekan biaya operasional melalui otomatisasi, serta mendeteksi kesalahan lebih dini.

Perubahan di Edge

Perkembangan smart video berjalan seiring dengan kemajuan teknologi dan infrastruktur data lainnya, seperti 5G. Saat teknologi ini bersatu, mereka memengaruhi arsitektur edge, dan membutuhkan penyimpanan data yang lebih canggih. Berikut ini adalah beberapa tren penyimpanan data yang akan terus berkembang:

1. Kebutuhan volume penyimpanan berskala besar akan meningkat

Semakin banyak kamera yang digunakan, semakin banyak pula data yang perlu disimpan dan dianalisis – serta dipakai untuk melatih AI.

Di saat yang sama, kamera zaman sekarang telah mendukung resolusi lebih tinggi (video 4K dan seterusnya). Semakin detail dan tajam video tersebut, semakin banyak insight yang bisa diambil untuk mempertajam algoritma AI. Selain itu, kamera modern tidak hanya mentransmisikan streaming video utama, tapi juga aliran bitrate rendah yang cocok untuk pemantauan bandwidth rendah dan pencocokan pola AI.