Find Us On Social Media :

Dijamin Aman, Daftar Pekerjaan ini Tidak Bakal Digantikan ChatGPT

By Adam Rizal, Sabtu, 13 Mei 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT

OpenAI sukses memperkenalkan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT yang mampu meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaan manusia.

Bahkan, ada beberapa perusahaan yang telah memecat para pegawainya dan mengganti dengan ChatGPT yang jauh lebih efisien. Sebuah studi University of Pennsylvania dan OpenAI mengungkapkan ada 80 persen tenaga kerja AS dapat terpengaruh dengan kehadiran ChatGPT.

"Individu yang memegang gelar Sarjana, Magister, dan profesional lebih berisiko kehilangan pekerjaan akibat ChatGPT," tulis laporan tersebut seperti dikutip Metro.

Pekerjaan yang paling berisiko dengan kehadiran ChatGPT adalah matematikawan, penyusun pajak, analis kuantitatif keuangan, penulis dan pengarang, desainer interface web dan digital, pembuat teks simultan, pengoreksi, penanda salinan, akuntan, auditor, analis beita, jurnalis, dan asisten administrasi.

Sementara pekerjaan yang paling aman dengan interfensi ChatGPT adalah operator alat pertanian, atlet, mekanik mesin otomatis, tukang bangunan, koki, petugas kantin, bartender, pencuci piring, pemasang dan perbaikan saluran listrik, tukang kayu, pelukis, tukang pipa, tukang jagal, dan tukang batu.

Bakal Gantikan Guru

Ilustrasi ChatGPT.

Kehadiran ChatGPT sangat membantu dunia pendidikan baik untuk tenaga pengajar dan siswa dalam mengajar dan belajar.

Salah satu pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi teknologi AI generatif seperti ChatGPT dapat menggantikan peran guru dan bekerja sebaik manusia dalam waktu dekat.

"ChatGPT akan membantu anak-anak belajar membaca dan menulis dalam 18 bulan ke depan," katanya.

Bill Gates mengatakan ChatGPT akan menjadi solusi murah untuk orang tua yang kurang mampu membayar uang sekolah yang mahal.

ChatGPT dapat menjadi tutor manusia dan dapat berdialog membantu siswa serta memahami kekurangan mereka. Teknologi AI akan membantu siswa meningkatkan cara mereka saat belajar menulis dan membaca.