Find Us On Social Media :

Kini Fitur Google Maps Adopsi Teknologi AI, Tampilkan Rute 3D

By Adam Rizal, Senin, 15 Mei 2023 | 13:00 WIB

Google Maps 3D

Google terus meningkatkan kemampuan aplikasi petanya Google Maps untuk memudahkan pengguna menemukan tempat tujuan. Kali ini Google pun memperkenalkan fitur "Immersive View for route" alias mode Immersive View untuk rute perjalanan berbasis teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Fitur itu membuat rutes Google Maps lebih nyata dan alami. Anda dapat melihat visualisasi rute perjalanan yang akan dilaluinya dalam format tiga dimensi dari sudut pandang bird's eye view (dari udara). 

Sebelumnya, Immersive View hanya tersedia untuk melihat lingkungan nyata di suatu lokasi. Berkat fitur itu, Anda dapat melihat suasana jalan secara virtual sebelum melewatinya termasuk pemandangan di sepanjang rute perjalanan, bangunan, jalur sepeda, trotoar, persimpangan, tempat parkir di sepanjang perjalanan, dan lainnya seperti dikutip The Verge.

Fitur Immersive View for route berada di pojok kiri bawah peta. Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke peta tiga dimensi sesuai aslinya. Ketika di zoom, pengguna seperti diajak "terbang" menyusuri rute jalan sehingga pengguna bisa melihat gedung-gedung, persimpangan, pepohonan, bahkan pemandangan tepi laut di sepanjang jalan

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melihat suasana rute jalan seperti kepadatan lalu lintas dan cuaca, berdasarkan waktunya di Immersive View for route. Fitur Immersive View for route ini mampu memvisualisasikan rute jalan dengan lebih nyata berkat teknologi computer vision dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Google Maps yang baru.

Google mengungkapkan, Immersive View untuk rute perjalanan bakal bisa dicoba pengguna Google Maps dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini baru akan hadir untuk wilayah Amsterdam, Berlin, Dublin, Florence, Las Vegas, London, Los Angeles, New York, Miami, Paris, Seattle, San Francisco, San Jose, Tokyo, dan Venesia.

Cara Daftarkan Rumah Anda

Google Maps

Saat ini Google Maps menjadi layanan navigasi terpopuler di masyarakat untuk mencari lokasi atau pergi ke suatu tempat.

Yang jadi masalah adalah jika alamat yang Anda ingin tuju seperti rumah Anda tidak terdaftar di Google Maps.

Cara mendaftarkan alamat rumah Anda atau teman Anda di Google Maps sangat mudah sehingga keluarga atau kerabat bisa dengan mudah menemukan alamat Anda tanpa perlu khawatir tersasar.

Berikut cara mendaftarkan alamt rumah di Google Maps melalui HP yang dihimpun dari berbagai sumber: