Find Us On Social Media :

Sebabkan Pengangguran, Bos Google: ChatGPT Ciptakan Peluang Baru

By Adam Rizal, Rabu, 17 Mei 2023 | 11:40 WIB

Ilustrasi ChatGPT

Chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT sukses menggebrak industri yang masih menggunakan sistem kerja konvensional. ChatGPT mampu mengerjakan tugas manusia seperti surat menyurat, memberikan konsultasi dan informasi hingga membuatkan kode pemrograman komputer. Ada beberapa perusahaan yang telah memecat para karyawannya dan beralih menggunakan ChatGPT yang murah dan cepat. 

Tak heran, banyak stigma buruk di masyarakat bahwa tools AI seperti ChatGPT akan membuat manusia penggangguran di masa depan. CEO Google Sundar Pichai mengungkapkan salah satu tujuan teknologi adalah membantu pekerjaan manusia dan akan menggantikan bisnis model lama dan profesi pekerjaan lama dengan baru. Ia mencontohkan dengan kebiasaan nonton di bioskop. Dulu orang sangat senang nonton bioskop atau layar tancap tetapi sekarang orang lebih memilih menonton film lewat Netflix dan Disney Plus dkk.

"Ketakutan ini bukanlah sesuatu yang baru. Kekhawatiran hilangnya pekerjaan karena sistem teknologi sudah terjadi 20 tahun lalu," katanya seperti dikutip The Verge.

Kehadiran teknologi termasuk teknologi AI akan menciptakan lapangan kerja baru dan akan berdampak bagi kemaslahatan umat manusia.

"Akan selalu ada pekerjaan yang hilang karena teknologi. Namun, selalu ada pekerjaan baru yang bermunculan. Kesempatan inilah yang harus diambil masyarakat, yakni beradaptasi dengan inovasi baru," ujarnya.

Potensi Baru

Inilah Top 10 Karier Teratas di Bidang AI (Artificial Intelligence) pada Tahun 2023 Ini.

Pengembangan inovasi teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sangat masif pada tahun ini. Perusahaan raksasa teknologi menjadikan AI sebagai fokus utama pengembangan teknologinya.

Apalagi, kesuksesan OpenAI yang memperkenalkan chatbot ChatGPT ikut mengerek popularitas AI. OpenAI memperkenalkan teknologi chatbot AI terbaru GPT-4 yang langsung diadopsi Microsoft di dalam platformnya.

Accenture mengungkapkan kehadiran language model seperti ChatGPT-4 akan mendorong popularitas AI karena model bahasa itu mampu telah memecahkan kode pada kompleksitas bahasa. Teknologi AI pun akan memegang peranan penting di dunia kerja dan akan mengubah dunia tenaga kerja dalam lima tahun ke depan.

Dalam riset bertajuk Future of Jobs Report 2023 yang dipublikasi World Economic Forum, ada 10 pekerjaan yang paling diminati dan dibutuhkan seiring dengan teknologi AI yang makin populer.

Spesialis AI dan machine learning