Find Us On Social Media :

Apple Borong 90 Persen Chip TSMC 3nm untuk iPhone 15 Pro Series

By Adam Rizal, Kamis, 18 Mei 2023 | 13:30 WIB

iPhone 15 Series

Perusahaan manufaktur semikonduktor TSMC akan memproduksi 90 persen chip 3 nanometer (nm) untuk Apple pada 2023.

Nantinya, Apple akan menggunakan chipset 3 nm itu untuk produk-produk unggulan Apple yaitu iPhone, MacBook, dan iPad yang baru.

Apple sendiri telah memesan produksi chip 3 nm buatan TSMC sejak 2020. Apple melihat TSMC memiliki prospek cerah di masa depan dan menjadi bagian dari strategi jangka panjang Apple.

Tentunya, Apple akan memasang chip Bionic A17 3 nm buatan TSMC itu untuk produk flagship terbarunya yaitu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang akan diluncurkan pertengahan tahun ini.

Sebagai informasi, chipset Bionic A17 3nm itu akan meningkatkan efisiensi daya 35 persen dan peningkatan kinerja 15 persen. Jauh lebih powerful dibanding chipset Bionic A16 4nm yang dipakai iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Tak hanya iPhone 15 Pro series, Apple juga akan menyematkan chipset 3 nm buatan TSMC itu ke MacBook Air 13 inci seperti dikutip GSM Arena.

Perusahaan chip lainnya seperti Qualcomm, Samsung, hingga MediaTek harus berkompetisi untuk mendapatkan produksi TSMC yang artinya tersisa 10 persen lagi.

Solusinya, TSMC harus meningkatkan kapasitas produksinya sehingga bisa memenuhi produksi untuk perusahaan lainnya dengan jumlah yang lebih banyak.

Bocoran Spek iPhone 15 Pro Series

Apple akan meluncurkan smartphone flagship terbarunya iPhone 15 Pro Max yang menawarkan performa gahar pada tahun ini. Sedikit demi sedikit bocoran spesifikasi smartphone itu sudah beredar di dunia maya.

"Performa dan fitur iPhone 15 lebih canggih dibandingkan dengan seri sebelumnya," kata Analis teknologi ternama Ming-Chi Kuo.

Berikut bocoran spesifikasi dan fitur iPhone 15 series seperti dikutip GSM Arena: