Find Us On Social Media :

Nih, Lima Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Pesan Terenkripsi

By Liana Threestayanti, Senin, 22 Mei 2023 | 13:30 WIB

Tips Keamanan WhatsApp

Dengan penggunaan aplikasi perpesanan instan oleh berbagai kalangan, termasuk kalangan pekerja, keamanan dalam berkirim pesan menjadi sangat penting. Salah satu teknologi keamanan yang biasa diterapkan adalah enkripsi. 

Dengan meningkatnya risiko cyber security dewasa ini, kehadiran fitur ini tentu dapat memberikan sedikit ketenangan bahwa pengguna dapat berkomunikasi dengan tetap menjaga privasi. Salah satu aplikasi perpesanan instan, WhatsApp, membagikan lima hal yang perlu diketahui pengguna mengenai DM (direct messages) terenkripsi dan enkripsi end-to-end.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa hari ini DM terenkripsi sedang menjadi pembicaraan hangat. Apa saja lima hal yang perlu kita ketahui tentang pesan terenkripsi? 

1. Apa itu pesan terenkripsi?

Enkripsi adalah sebuah cara untuk melindungi percakapan Anda. Hal ini sangat penting mengingat banyaknya informasi pribadi dan rahasia yang Anda bagikan kepada teman, keluarga, dan kolega, dan Anda tidak ingin informasi tersebut bocor atau dicuri. Sederhananya, enkripsi adalah cara untuk mengunci data sehingga hanya mereka yang memiliki kunci tertentu (juga dikenal sebagai kunci enkripsi) yang dapat membukanya.

2. Apa bedanya dengan pesan terenkripsi end-to-end?

Tidak semua pesan terenkripsi dibuat sama. Enkripsi end-to-end memastikan bahwa hanya Anda dan penerima yang dapat membaca pesan, bukan platform yang Anda gunakan untuk berkomunikasi. 

Pada dasarnya, hanya penerima dan pengirim yang memiliki kunci yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan, dan bukan dari sisi platform. Hal ini melindungi semua pesan dari serangan, termasuk serangan man-in-the-middle (di mana penyerang mengeksploitasi kerentanan untuk menyadap).

Banyak aplikasi perpesanan populer yang memiliki enkripsi end-to-end, tetapi tidak semua aplikasi menerapkan enkripsi end-to-end secara default. Artinya, fitur ini harus 'diaktifkan' secara manual, misalnya dengan memilih untuk memulai percakapan pribadi atau rahasia. Whatsapp dan Signal adalah contoh aplikasi gratis yang telah terenkripsi end-to-end secara default. 

Begini cara kerja enkripsi end-to-end di WhatsApp. Sebelum pesan dikirim, pesan diamankan dengan kunci kriptografi, dan hanya penerima yang memiliki kunci untuk membukanya. Selain itu, kunci ini berubah setiap kali pesan dikirim. Proses ini dilakukan di belakang layar, tetapi Anda dapat memeriksa apakah percakapan Anda telah dilindungi dengan mengklik nama kontak dan memilih Enkripsi > Verifikasi Kode Keamanan.

3. Apakah enkripsi hanya melindungi pesan yang saya kirim?

Tidak. Coba bayangkan semua hal yang Anda bagikan dengan teman, keluarga, dan kolega melalui platform perpesanan. Foto, dokumen, catatan suara, dan bahkan panggilan suara dan video yang Anda buat. Aplikasi perpesanan yang memiliki enkripsi end-to-end secara default akan memberikan tingkat perlindungan yang sama untuk semua hal tersebut.