Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Aplikasi ChatGPT untuk Pengguna iPhone?

By Adam Rizal, Sabtu, 20 Mei 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT

OpenAI resmi meluncurkan aplikasi ChatGPT ke toko aplikasi App Store yang memungkinkan pengguna iPhone mengunduhnya.

Alasan OpenAI memperkenalkan resmi aplkasi ChatGPT di perangkat berbasis iOS karena untuk bersaing dengan software AI seluler pihak ketiga berbasis API GPT-3.5 dan GPT-4 lain. Saat ini aplikasi ChatGPT resmi untuk iPhone itu hanya tersedia untuk pasar Amerika Serikat (AS). Open AI akan untuk meluncurkan aplikasi ChatGPT itu ke berbagai negara lain dalam beberapa pekan mendatang.

"Sejak peluncuran ChatGPT, kami mendengar banyak orang ingin mengaksesnya dari mana saja. Kini kami meluncurkan aplikasi ChatGPT di iOS," tertera dalam situs OpenAI. Lantas apa keunggulan aplikasi ChatGPT?. Aplikasi ChatGPT versi iOS itu mengusung fitur serupa versi web, dengan tambahan input perintah suara menggunakan pengenalan suara Whisper karya OpenAI. Aplikasi ini memungkinkan peralihan antara model bahasa standar dan GPT-4 untuk pelanggan ChatGPT Plus.

Aplikasi ChatGPT versi iOS itu mendukung riwayat percakapan dengan kemampuan sinkronisasi dari desktop jika masuk menggunakan akun yang sama. OpenAI juga menghadirkan kemampuan mengekspor data dan menghapus atau mengganti nama percakapan.

Melansir situs resmi OpenAI, ada lima poin yang ditawarkan oleh ChatGPT versi iOS ini:

Jawaban instan: informasi presisi tanpa jeda iklan atau hasil yang beragam.

Saran yang disesuaikan: Bisa digunakan untuk panduan memasak, rencana perjalanan, dan pesan menyentuh.

Inspirasi kreatif: Bisa digunakan untuk hadiah, menguraikan presentasi, atau menulis puisi.

Masukan Profesional: Bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Peluang Belajar: Bisa digunakan untuk belajar bahasa baru, sejarah, dll. sesuai keinginan. Sebagai catatan, aplikasi ChatGPT versi App Store hanya untuk pengguna iPhone. Sedangkan, pengguna iPad tetap harus menggunakan versi situs web, atau menggunakan aplikasi iOS yang ditingkatkan ke ukuran tablet. OpenAI berjanji akan memperkenalkan aplikasi chatbot AI untuk pengguna Android dalam waktu dekat. "Pengguna Android, Anda akan kebagian berikutnya! ChatGPT akan segera tersedia di perangkat Anda," kata situs tersebut.

Sebagai informasi, aplikasi ChatGPT di iOS tersedia secara gratis dengan basis model GPT-3.5. Aplikasi itu juga menyediakan fitur 'Whisper' yang memungkinkan pengguna memberikan perintah suara.

Bagi pelanggan ChatGPT Plus, dapat mengakses kapabilitas model GPT-4 yang lebih canggih. Biaya langganannya sebesar US$ 20 atau Rp 298.000 per bulan.