Find Us On Social Media :

Akamai: Serangan Cyber Security di Sektor Keuangan APJ Naik Tajam

By Liana Threestayanti, Rabu, 24 Mei 2023 | 13:00 WIB

Tiga sektor di APJ menjadi sasaran empuk serangan cyber security, menurut laporan State of the Internet terbaru dari Akamai. Apa saja?

Tiga sektor di Asia Pasifik dan Jepang (APJ) menjadi sasaran empuk serangan cyber security, menurut laporan State of the Internet terbaru dari Akamai. Apa saja?

Menurut laporan yang berjudul “Slipping Through The Security Gaps: The Rise of Application and API Attacks Against Organizations” ini, sektor keuangan di APJ adalah industri yang paling sering mendapat serangan aplikasi web dan API. Jumlah serangan ini meningkat 248 persen dari tahun sebelumnya. Sementara di tingkat global, persentase peningkatan serangan sebesar 169 persen.

Tingginya serangan cyber security di kawasan APJ menunjukkan bahwa organisasi layanan keuangan di wilayah ini rentan menjadi target dan berisiko tinggi karena pelaku ancaman akan meningkatkan jumlah, frekuensi, dan kecanggihan serangannya.  

Reuben Koh, Security Technology and Strategy Director (APJ), Akamai, menyebutkan bahwa lonjakan serangan tersebut ada kaitannya dengan investasi yang signifikan oleh organisasi layanan keuangan di APJ dalam rangka menggencarkan transformasi digital sekaligus memperluas ragam produk dan layanan digital yang berfokus pada pelanggan. 

“Ini merupakan masalah krusial bagi organisasi layanan keuangan, seiring semakin banyaknya digitalisasi, semakin banyak pula celah serangan secara keseluruhan, sehingga pelaku ancaman pun akan semakin berpeluang besar untuk melakukan serangan siber,” jelas Reuben Koh.

Dua sektor lainnya di APJ yang mengalami lonjakan serangan sepanjang 2021-2022 adalah sektor manufaktur dan layanan publik.

Serangan LFI Meningkat

Akamai mencatat peningkatan serangan aplikasi web dan API di APJ yang meningkat stabil dalam 24 bulan terakhir, dengan rata-rata sekitar 10 juta serangan per hari. Bahkan Akamai juga mendapati hari-hari ketika serangan mencapai lebih dari 60 juta. Tren ini, menurut Akamai, menunjukkan bahwa organisasi regional selalu rentan untuk menjadi target risiko serangan cyber security intensitas tinggi.

Akamai juga menemukan bahwa vektor serangan paling umum di kawasan ini adalah serangan Local File Inclusion (LFI) yang jumlahnya meningkat sekitar 154 persen dari tahun sebelumnya, bahkan melampaui serangan XSS dan SQLi. Kerentanan ini memungkinkan penyerang mendapatkan akses ke file sensitif di server web.

Server web berbasis PHP sangat rentan terhadap serangan LFI dan sebagian besar situs web populer, seperti Facebook, WordPress, dan Wikipedia, menjalankan PHP, yang artinya meningkatkan kecenderungan penggunaan LFI. Menurut Akamai, kenaikan serangan LFI di APJ menunjukkan bagaimana pelaku ancaman selalu berinovasi dalam tekniknya dan mengubah targetnya sesuai perilaku pelanggan, untuk memaksimalkan pengembalian investasi.

Pola Serangan di Seluruh APJ

Berikut adalah perbedaan tren dalam pola serangan web dan API di beberapa pasar di APJ: