Find Us On Social Media :

Apa saja Keunggulan Asisten Browser AI Opera Aria Berbasis ChatGPT?

By Adam Rizal, Senin, 29 Mei 2023 | 20:30 WIB

Tampilan Browser Opera yang Kini Telah Dibekali ChatGPT.

Saat ini perusahaan teknologi berlomba-lomba menyematkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke dalam platformnya. Baru-baru ini Opera memasang asisten browser AI Aria yang berbasis ChatGPT milik Open AI ke dalam platformnya.

Browser AI Aria membantu pengguna menemukan beragam informasi di web, menghasilkan teks atau kode, atau menjawab pertanyaan pengguna. "Aria ini dirancang berdasarkan infrastruktur 'Komposer' yang akan memudahkan pengguna mencari informasi," kata Juru Bicara Opera seperti dikutip Tech Crunch.

Aria juga terintegrasi dengan teknologi GPT sehingga mampu menjawab pertanyaan dengan chat. Aria memiliki pengetahuan tentang seluruh database dokumentasi dukungan browser. Opera telah meluncurkan Aria ke lebih dari 180 negara dan Anda bisa mencobanya lewat Opera One versi terbaru di PC. Anda harus memiliki akun Opera terlebih dahulu untuk mengakses Aria.

Sebelumnya, Opera telah meluncurkan Opera One yang mampu menjalankan teknologi AI generatif. Sidebar baru pada browser sekilas agak mirip dengan fitur yang diperkenalkan Microsoft di Edge.

Opera One

 Opera memperkenalkan peramban terbaru Opera One yang menawrkan sejumlah perubahan, mulai dari segi desain hingga penambahan untuk fitur AI-nya.

Opera One menawarkan desain dan tampilan UI yang lebih bulat untuk beragam elemennya seperti yang tampak pada bagian Tab, URL, dan bagian sisinya.

Opera One sendiri adalah browser dengan basis Chromium pertama yang mengimplementasikan multi-threaded compositor.

Fitur itu mampu meningkatkan kinerja untuk animasi UI, di mana hal ini mulai banyak ditempatkan oleh beragam browser baru.

Opera menggabungkan ChatGPT dan ChatSonic dalam fitur Sidebar pada Opera One. Hal itu memungkinkan pengguna untuk membuka kedua layanan AI ini dengan mudah pada windows kecil di samping.

Open juga memasang fitur AI Prompts yang terintegrasi untuk memberikan saran mempersingkat artikel, menyoroti poin, membuat tweet, membuat meme, dan lain seagainya.

Fitur lain yang diutamakan pada browser ini adalah Opera Tab Islands yang merupakan fitur manajemen tab dan membantu pengguna untuk membuat grup tab, tergantung dari kategori yang diinginkan.