Find Us On Social Media :

Sedang Cari Kerja? Coba Gunakan ChatGPT untuk Lima Hal Ini

By Liana Threestayanti, Selasa, 30 Mei 2023 | 15:53 WIB

Masih tentang ChatGPT. Bukan hanya meningkatkan produktivitas saat bekerja, chatbot AI ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja lho!

Masih tentang ChatGPT. Bukan hanya meningkatkan produktivitas saat bekerja, chatbot AI ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja lho!

Generative AI atau AI generatif, dengan ChatGPT sebagai salah satu interface yang sedang populer saat ini, menawarkan manfaat dalam banyak hal. Di antaranya adalah meningkatkan produktivitas melalui otomatisasi atau mempercepat penyelesaian tugas; menurunkan, atau bahkan menghilangkan, hambatan keterampilan atau waktu untuk pembuatan konten dan aplikasi kreatif; memungkinkan analisis atau eksplorasi data yang kompleks; dan memanfaatkannya untuk membuat data sintetik yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan sistem artificial intelligence lainnya. 

Dengan berbagai kemampuan dan manfaat itu, ChatGPT dapat digunakan di berbagai bidang, seperti yang sudah pernah kami ulas. Nah, ChatGPT juga bisa membantu para pencari kerja dalam melakukan hal-hal ini:

1. Memahami job description

Postingan atau iklan lowongan pekerjaan (loker) seringkali menggunakan bahasa khusus dan jargon teknis. Padahal pencari kerja harus tahu apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Nah, manfaatkan ChatGPT untuk menganalisis postingan atau iklan loker tersebut agar lebih mudah memahami apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut

Hasil analisis ChatGPT juga dapat memandu para pencari kerja dalam menyiapkan resume dan surat lamaran kerja. Keahlian apa yang perlu ditekankan dalam surat lamaran dan resume tersebut. 

ChatGPT juga dapat membantu melakukan riset terhadap perusahaan yang Anda bidik. Namun perlu diingat bahwa ChatGPT dilatih dengan data-data tentang peristiwa dan informasi di dunia sampai tahun 2021 saja.  

2. Membuat surat pengantar (cover letter) dan resume

Anda mungkin harus mengirim banyak surat lamaran, surat pengantar, dan resume atau CV. Ide untuk berbagai dokumen tersebut memang harus berasal dari Anda. Namun ChatGPT dapat membantu Anda mengerjakannya dan menduplikasinya untuk dikirim ke perusahaan yang berbeda dalam waktu singkat. 

3. Mempersiapkan wawancara kerja

Anda telah melewati semua langkah untuk mencari pekerjaan, mulai dari melakukan riset terhadap perusahaan yang dituju, menulis resume yang sesuai, dan sekarang waktunya Anda memenuhi panggilan wawancara kerja.  

ChatGPT dapat membantu misalnya memberikan kiat-kiat dan etiket wawancara kerja, memberikan contoh-contoh pertanyaan dan jawaban yang spesifik untuk loker yang Anda lamar. Bahkan ChatGPT dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda terkait pekerjaan yang Anda inginkan.