Find Us On Social Media :

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Tokopedia Terapkan Embedded Finance

By Rafki Fachrizal, Rabu, 31 Mei 2023 | 18:45 WIB

Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia faktanya kini masih cenderung rendah. Bank Dunia, pada tahun 2021 mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar ke-empat di dunia.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

Untuk menunjang literasi dan inklusi keuangan tanah air agar semakin positif, banyak perusahaan yang melakukan berbagai upaya.

Salah satunya Tokopedia yang diketahui telah menerapkan inovasi embedded finance di seluruh ekosistemnya.

Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial–dalam hal ini Tokopedia–tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

“Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan tepercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” jelas Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari.

Embedded Finance Tokopedia Hadirkan >50 Metode Pembayaran

Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaran–mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarket–yang mempermudah masyarakat bertransaksi online.

Misalnya, GoPayLater Cicil–yang bersinergi dengan GoTo Financial–untuk membantu pembeli mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam atau 12 bulan.

Dengan GoPayLater Cicil, masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk kebutuhan yang sebelumnya sulit dijangkau.

“Tokopedia mencatat pada kuartal I-2023, Ponsel dan Tablet, Fesyen Wanita, Komputer dan Laptop, Otomotif serta Elektronik menjadi sejumlah kategori produk yang paling diburu masyarakat menggunakan pay later,” tambah Vira.

Di sisi lain, data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Selain pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA.