Find Us On Social Media :

Apple Tak Tertarik Ikut Perlombaan Pengembangan AI dan Metaverse

By Adam Rizal, Rabu, 7 Juni 2023 | 13:45 WIB

Apple Vision Pro

Saat ini perusahaan teknologi di dunia berlomba-lomba mengembangkan tools atau produk berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Apalagi, kesuksesan chatbot AI ChatGPT cukup membangunkan tidur perusahaan raksasa Google untuk memperkenalkan layanan serupa.

Tampaknya, Apple tidak terlalu tertarik berlomba-lomba memperkenalkan teknologi atau solusi berbasis AI. Dalam ajang gelaran WWDC 2023, Apple tidak sama sekali membocorkan solusinya yang berbasis AI. Apple memamerkan kacamata AR/VR Vision Pro senilai Rp 52 juta hingga iOS 17.

Insider mencatat Apple memiliki strategi bisnis yang berbeda dari lainnya. Apple dinilai sangat lambat menggunakan open source dari teknologi pengembangan AI. Sementara, ChatGPT dan Google Assistant disebut telah melampaui kemampuan teknologi AI dari Apple Siri atau fitur SOS pada Apple Watch.

Berbeda dengan Microsoft, Meta, Alphabet dan Amazon yang menyebutkan AI sebanyak 168 kali. Tak hanya AI, Apple juga sama sekali tak menyinggung soal Metaverse karena perusahaan lain akan menyebutkan Metaverse saat mendeskripsikan perangkat semacam Vision Pro. Tahun lalu, Tim Cook pernah mengatakan tidak yakin banyak orang bisa menjelaskan definisi dunia virtual.

"Saya tidak terlalu yakin rata-rata orang bisa menjelaskan apa itu Metaverse," kata Cook pada outlet berita Belanda, Bright seperti dilansir Insider.

Produk Utama WWDC 2023

Apple memperkenalkan produk teknologi terbarunya mulai dari perangkat mixed reality Vision Pro hingga Macbook Air 15 inci dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023. Apple Vision Pro menjadi perangkat bintang utama dalam ajang tersebut yang menggabungkan virtual reality dan augmented reality.

Berikut produk-produk Apple terbaru yang menjadi bintang utama dalam ajang WWDC 2023:

1. Apple Vision Pro

Apple Vision Pro berbentuk sepasang kacamata ski yang memungkinkan pengguna untuk melapisi gambar virtual pada video langsung dari dunia nyata.

Menurut Apple, setelah pengguna memakai perangkat ini, mereka dapat melihat aplikasi yang diproyeksikan secara langsung di depan mereka. Tidak seperti mixed reality lain, Apple Vision Pro akan menampilkan mata penggunanya di bagian luar, sehingga pengguna tidak terisolasi dari orang-orang di sekitarnya.

2. iOS 17