Find Us On Social Media :

Cisco Luncurkan Produk dan Teknologi Baru, Soroti Simplifikasi dan AI

By Liana Threestayanti, Kamis, 8 Juni 2023 | 10:05 WIB

Memperkenalkan serangkaian produk dan teknologi terkini di ajang Cisco Live 2023, Cisco mengusung pesan penting: simplifikasi.

Memperkenalkan serangkaian produk dan teknologi terkini di seluruh portofolio jaringan, keamanan, kolaborasi, dan aplikasinya di ajang Cisco Live 2023, Cisco mengusung satu pesan penting: simplicity atau kesederhanaan.

Transformasi digital merupakan inti dari masa depan setiap perusahaan, dan jaringan yang aman adalah aspek yang semakin penting bagi perusahaan modern. Namun seiring bergulirnya digitalisasi, lingkungan TI di berbagai organisasi pun menjadi kian kompleks.

Di tengah lingkungan yang dinamis dan terus berubah, perusahaan dan organisasi juga harus lebih tangguh dan aman, terutama dalam merespons perubahan-perubahan besar teknologi, seperti cloud dan artificial intelligence.  

Saat menyampaikan keynote di panggung Cisco Live 2023, di Las Vegas, Nevada, AS, Chuck Robbins, Chairman dan CEO Cisco menyebut posisi unik yang dimiliki Cisco dalam membantu memecahkan tantangan bisnis terbesar pelanggan menggunakan teknologi. 

Namun ia juga berbicara tentang akselerasi inovasi dengan simplifikasi di berbagai elemen utama yang mendukung transformasi digital, yaitu jaringan, keamanan, deployment, dan pengembangan aplikasi. 

Hal senada pun disampaikan oleh Vish Iyer, Vice President of Architectures, Cisco Asia Pasifik, Jepang, dan Tiongkok Raya dalam kesempatan media roundtable dengan para jurnalis Asia Pasifik.

“Karena lingkungan digital saat ini terus bertransformasi dengan sangat cepat, bisnis membutuhkan solusi platform yang kuat, inovatif, tangguh, dan aman. Untuk membuatnya berjalan lebih seamless, pengambil keputusan TI, dan pengembang menyoroti adanya kebutuhan akan tempat yang simple dan tersentralisasi untuk mengelola dan mengembangkan infrastruktur TI mereka secara cepat,” ujarnya.

Langkah simplifikasi Cisco di seluruh lini portofolio solusinya dilatarbelakangi, antara lain, hasil studi Cisco yang berjudul State of Global Innovation. Menurut studi tersebut, 85% dari para profesional TI mengindikasikan bahwa mereka menghargai kesederhanaan dalam sistem TI-nya. Dan teknologi-teknologi baru yang diperkenalkan Cisco di ajang tahunannya itu memperlihatkan komitmen Cisco untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman pengguna. 

Cisco Networking Cloud

Melalui Cisco Networking Cloud, Cisco menghadirkan pengalaman mengelola domain jaringan di satu platform tunggal. Beberapa keunggulan yang ditawarkan adalah pengelolaan jaringan yang proaktif, menghilangkan sistem yang terpisah-pisah (silo), menjaga performa, dan mengurangi beban staf jaringan.

Peningkatan keamanan dengan AI

Di sisi keamanan, Cisco juga memperkenalkan Cisco Secure Access. Solusi security service edge (SSE) ini disebut Cisco menghadirkan akses ke berbagai lokasi, perangkat, dan aplikasi melalui satu platform.