Find Us On Social Media :

Brand Lokal Geoff Maxx Bagikan Kiat Agar Bisa Fokus Inovasi Bisnis

By Liana Threestayanti, Sabtu, 10 Juni 2023 | 20:41 WIB

Penjualan online terus meningkat, bahkan saat pandemi, brand sepatu lokal asal Bandung membeberkan salah satu kiat suksesnya, menggunakan solusi logistik.

Sneaker lokal belakangan ini sedang menjadi tren fesyen di kalangan anak muda di tanah air. Walhasil, fenomena ini pun ikut mendorong pertumbuhan bisnis sepatu lokal, khususnya di Bandung, Jawa Barat.

Salah satu merek sepatu lokal asal Bandung yang saat ini banyak diminati adalah Geoff Maxx. Merek sepatu lokal yang didirikan oleh dua sahabat, Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada 2012 ini terkenal di kalangan pencinta musik dan olahraga ekstrem. 

Geoff Maxx lahir dari keprihatinan terhadap banyaknya anak muda yang menyukai sepatu buatan luar negeri hingga membeli jenis replikanya. 

“Saat itu kami ingin membuat sepatu buatan lokal yang tidak kalah dengan kualitas produk dari luar negeri. Jadi jika ada produk lokal yang bagus, kenapa harus memilih imitasi brand luar. Kami memulai berbisnis sepatu dengan kemampuan pengetahuan seadanya, membuat desain sendiri hingga proses pembuatan. Meski dengan modal kecil, kami tetap berusaha menghadirkan sepatu dengan bahan yang cukup berkualitas,” ungkap Yusuf. 

Untuk bisa bertahan hingga sekarang, Yusuf mengakui jika mereka terus lakukan inovasi dan beradaptasi dengan tren pasar. Misalnya dengan encar berpromosi melalui kerja sama dengan band-band tanah air dan internasional. 

Yusuf dan Fauzan tak hanya mengandalkan penjualan secara offline saja, namun juga masuk ke dunia penjualan online. “Pada tahun 2018 kami mulai masuk ke penjualan online untuk mendukung penjualan offline kami. Salah satunya membuka toko di marketplace seperti Lazada,” tutur Yusuf.  

Saat pandemi, Geoff Maxx juga sempat terdampak. Namun penjualannya secara online, menurut Yusuf, justru mampu mencapai ratusan ribu produk per bulannya. 

Di sinilah Yusuf dan Fauzan menyadari pentingnya pengelolaan logistik yang lebih baik sehingga memudahkan operasional toko dan memastikan pelanggan bisa menerima produknya dengan cepat dan aman.  

“Seiring pertumbuhan bisnis Geoff Max, kami juga menghadapi tantangan dalam pengelolaan operasional logistik kami. Apalagi dengan meningkatnya pesanan secara online, kami harus memastikan setiap pesanan ditangani dengan baik dan dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan,” kata Yusuf.  

Sebagai solusinya, Geoff Maxx memanfaatkan layanan Multi Channel Logistics (MCL) dari Lazada Logistics untuk pengelolaan logistiknya. Sebagai informasi, Lazada Logistics merupakan unit usaha logistik Lazada Indonesia.

Layanan MCL adalah solusi logistik yang menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses. Lazada Logistics mengatur pemenuhan pesanan mulai dari pengambilan produk hingga pengiriman.