Zoom Video Communications menghadirkan berbagai macam layanan dan fitur yang mampu menjawab kebutuhan pengguna di industri dan sekolahan. Zoom yang kita kenal tidak lagi menjadi Zoom Meetings melainkan Zoom yang menawarkan layanan dan fitur bisnis.
Nathan Guy (Head of UCaaS at Zoom) mengatakan Zoom telah beralih dari Zoom Meetings menjadi satu platform Zoom One yang saling terhubung dan menghadirkan berbagai platform bisnis, seperti Zoom Phone, Zoom Events, Zoom Rooms, Zoom Contact Center, Zoom Team Chat.
"Sekarang kami memiliki platform yang lengkap, bukan hanya sebuah aplikasi. Kami sudah melampaui aplikasi bisnis standar dan telah menjadi sebuah platform bisnis," katanya.
Nathan mengatakan platform Zoom One dapat memberikan nilai-nilai yang sesungguhnya terhadap bisnis Anda. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan gaya bekerja dari mana saja atau work from anywhere (WFA). Gaya kerja WFA membutuhkan fleksibilitas untuk karyawan dan ditunjang dengan platform yang mendukung kinerja seperti Zoom.
"Jika ada yang telah menggunakan Zoom sejak era aplikasi Zoom Meetings, lalu pindah ke Zoom platform, maka akan sangat mudah untuk turut mengadopsi Zoom Phone, Zoom Contact Center, dan lain-lain," ucapnya.
Tantangan
Zoom melilhat ada beberapa tantangan dalam pengembangan layanan dan fiturnya yaitu:
1. UX (user experience) dan CX (customer experience). Teknologi yang dihadapi oleh karyawan Anda harus mudah digunakan, baik di kantor maupun dari jarak jauh, serta kaya dengan fitur dan fleksibel.
2. Keamanan dan skalabilitas. Dua hal ini sangatlah penting dan saling berkaitan. Jika Anda tidak bisa menampung permintaan pelanggan yang semakin meningkat, maka pelanggan akan kabur ke pesaing Anda. Lalu, semakin besar sebuah bisnis, maka area yang bisa diserang juga menjadi semakin luas.
3. Integrasi dan manajemen data. Sebagai contoh, sebuah perusahaan supply chain memiliki banyak unit bisnis. Setiap unit bisnis memiliki 2 database dan dikelola oleh tiap unit bisnis dengan cara mereka masing-masing.
Tim pusat harus mengambil data yang tepat dan mengelolanya dengan benar untuk diberikan ke tim yang berhubungan dengan pelanggan. Apabila tim Anda memberikan data yang benar di waktu yang sesuai, maka tim Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.
4. Dukungan dan pelatihan. Tentu perlu ada pelatihan kepada staf selama proses transformasi digital. Namun, tidak hanya karyawan, Anda juga perlu ‘melatih’ pelanggan Anda terkait apa yang bisa mereka harapkan ketika bekerja sama dengan Anda. Misalnya, Anda perlu memperkenalkan portal customer service baru, atau proses pembelian online yang baru. Anda perlu melibatkan pelanggan Anda dalam proses ini.
Fitur Unggulan
Zoom menghadirkan tujuh fitur unggulan yaitu Zoom Rooms, Zoom Apps, Zoom Team Chat, Zoom Smart Gallery, Zoom Whiteboard, Zoom Translated Captions, dan Zoom Contact Center.
Zoom Rooms
Zoom Rooms menghadirkan kolaborasi video dengan kualitas HD ke ruangan mana pun, kantor, ruang kelas, maupun rumah. Ini memungkinkan peserta yang hadir secara langsung maupun jarak jauh untuk berinteraksi secara real-time.
Zoom Rooms meliputi Digital Signage, Virtual Kiosk, dan Workspace Reservation. Melalui mode Zoom Rooms Kiosk, anggota tim dapat berinteraksi secara langsung dengan resepsionis virtual. Resepsionis tersebut dapat berada di mana saja, seperti kantor, hotel, lobi, atau lokasi lain.
Organisasi-organisasi dapat menampilkan nama organisasi mereka pada tampilan Virtual Kiosk dan menyesuaikan pesan agar sesuai dengan lingkungan dan tujuan. Workspace Reservations memungkinkan anggota tim untuk mencari dan reservasi ruang kerja, dengan menampilkan ruang yang tersedia secara live dari peta digital. Mereka dapat dengan mudah mereservasi open desk maupun ruang kerja yang dapat dipersonalisasi dengan perangkat Zoom.
Digital Signage memungkinkan organisasi untuk berbagi gambar, video, atau situs web di layar Zoom Rooms ketika ruangan tidak sedang digunakan untuk rapat Zoom.
Zoom Apps
Zoom Apps memungkinkan pengguna membawa aplikasi favorit mereka dalam Zoom Meetings dan Webinars agar rapat menjadi lebih efisien, menarik, dan menyenangkan. Pengguna dapat memperkaya pengalaman Zoom mereka dengan berbagai aplikasi, seperti aplikasi untuk manajemen proyek, pencatatan, papan tulis, berbagi file, dan masih banyak lagi.
Pengguna dapat mengintegrasikan Zoom Rooms dengan Zoom Phone, sehingga pengguna dapat melakukan dan menerima panggilan melalui Zoom Rooms. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk bekerja sesuai gayanya sendiri, kapan pun yang diinginkan, dan membantu pengguna memecahkan permasalahan bisnis yang unik.
Zoom Team Chat
Zoom Team Chat adalah pusat kolaborasi dan pertukaran pesan (messaging) antara anggota tim yang persisten dari Zoom. Selain pertukaran pesan secara instan, Team Chat memfasilitasi obrolan 1:1 (one on one) dan obrolan grup, serta kanal untuk mengintegrasikan alur kerja, menjaga proyek tetap sesuai rencana, dan menghubungkan para pemangku kepentingan.
Team Chat menyatukan fungsi perturakan pesan, berbagi file, integrasi dengan pihak ketiga, video, suara, dan papan tulis dalam satu tempat untuk menyederhanakan cara tim berkolaborasi.
Zoom Whiteboard
Zoom Whiteboard menyediakan seperangkat tools yang mudah digunakan bagi para pelanggan untuk berkolaborasi bersama dalam mengembangkan ide, proses, dan konsep.
Zoom translated captions
Zoom translated captions memungkinkan pengguna dapat mengubah pidato verbal dalam webinar atau percakapan dalam rapat menjadi teks dan menerjemahkan ke dalam bahasa lain secara otomatis dan real-time. Misalnya, jika seorang peserta rapat berbicara dalam bahasa Inggris, peserta lain dapat melihat teks dalam bahasa Indonesia.
Terakhir, Zoom Contact Center adalah platform cloud contact center omnichannel pertama yang dioptimalkan untuk video dan secara khusus mendukung serangkaian channel yang kuat, seperti suara dan video, SMS, dan webchat. Ini sebagai layanan yang dapat beroperasi sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan yang berdiri sendiri atau diintegrasikan langsung ke dalam situs maupun aplikasi yang sudah ada.