Find Us On Social Media :

Strategi Bisnis Zoom Menangkan Persaingan Bisnis di Indonesia

By Adam Rizal, Minggu, 11 Juni 2023 | 09:00 WIB

Nathan Guy, Head of UCaaS at Zoom bersama Isya Putri, Head of Business, Indonesia

Saat ini ada beberapa pemain utama dalam aplikasi konferensi video seperti Zoom, Google, Microsoft, Cisco dll.

Zoom Video Communications sebagai pemain utama di dalam industri memiliki beberapa strategi bisnis untuk memangkan persaingan.

Nathan Guy (Head of UCaaS at Zoom) mengatakan Zoom merupakan solusi “the best of breed” di mana Zoom dapat menciptakan layanan yang komprehensif.

"Kunci sukses kami di Indonesia, yang unik dibandingkan negara-negara yang lain, adalah melalui partnership. Membuka kemitraan seluas-luasnya untuk menjangkau seluas-luasnya ke dalam pasar. Jadi, dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan di Indonesia, Zoom membangun strategi kemitraannya," ujarnya.

"Ketika kami mengatakan kami terus memberikan yang terbaik dari solusi kami, Anda mungkin langsung mengingat tentang inovasi yang baru-baru ini kami umumkan dari tools berbasi AI seperti Zoom IQ for Sales," ucapnya.

Di samping itu, Zoom juga baru-baru ini mengumumkan mengenai akuisisi Workvivo. Workvivo merupakan solusi kolaborasi all-in-one, yang mengkombinasikan tools komunikasi internal tingkat lanjut, social intranet, dan aplikasi untuk karyawan ke dalam sebuah hub pusat.

"Kami akan terus memperluas inovasi agar Zoom tetap relevan - tidak hanya dari luar, namun Zoom terintegrasi dalam bisnis Anda. Akhir-akhir ini, saya terus berbicara mengenai suara," ujarnya.

Isya Putri (Head of Business, Indonesia) mengatakan Zoom akan terus fokus pada fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja yang didukung oleh teknologi dari Zoom. Zoom tidak akan kehilangan interaksi dengan bekerja jarak jauh dan Zoom akan menjaga perasaan inklusivitas tersebut.

"Inilah yang terus kami edukasi kepada pengguna di Indonesia. Kami tidak akan menghapuskan interaksi langsung atau face-to-face, tetapi Zoom justru membuat interaksi menjadi lebih efektif," katanya.

Zoom telah menjadi salah satu platform yang mendukung kerja di seluruh dunia, tetapi ketika cara kerja sudah mulai kembali normal, Zoom belum menjadi seperti pelengkap untuk orang bekerja, karena orang-orang tidak begitu bergantung saat kini.

Fleksibilitas

Infrastruktur teknologi Zoom saat ini menghadirkan fleksibilitas bagi karyawan yang menginginkan bekerja secara remote, mobile first, dan tidak perlu selalu berada dalam kantor.