Find Us On Social Media :

Review POCO X5 5G: Smartphone 5G Tiga Jutaan dengan Performa Kencang

By Dayu Akbar, Rabu, 14 Juni 2023 | 09:45 WIB

POCO X5 5G

POCO kerap menghadirkan smartphone dengan performa kencang di harga terjangkau. Hal ini kembali dipertegas dengan hadirnya POCO X5 5G. Ini merupakan seri X pertama di tahun 2023 dimana tahun 2022 seri X absen.

Seri X sendiri menegaskan segmen kelas menengah yang menawarkan performa extreme. POCO X5 5G mengedepankan beberapa fitur unggulan, diantaranya panel layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz, performa Snapdragon 695, dan dukungan RAM hingga 13 GB.

Dan sesuai penamaan serinya, smartphone ini sudah mendukung hingga jaringan 5G. Meski cakupan area 5G saat ini di Indonesia masih terbatas, namun POCO X5 5G bisa jadi pilihan bagi pengguna yang ingin merasakan atau mencoba jaringan tersebut di daerah tertentu.

Secara spesifikasi, jaringan 5G yang didukungnya mencakup n1 (2.100 MHz), n3 (1.800 MHz), dan n40 (2.300 MHz). Sehingga bisa digunakan pada jaringan tiga operator 5G di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata. Bahkan, dengan dukungan dual SIM 5G, dua slot kartu SIM-nya bisa digunakan secara bergantian untuk jaringan tersebut.

Secara fisik, POCO X5 5G masih menampilkan ciri khas POCO pada bodi belakangnya. Tampilan frame kamera dengan area warna hitam serta tulisan POCO mempertegas hal tersebut. Bodinya belakangnya terasa sedikit kesat dan menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing matte. Memang masih dijumpai bercak bekas sidik jari ketika dipegang namun tidak sejelas lapisan glossy.

Bodi belakangnya menggunakan bahan polikarbonat dengan finishing matte halus sedangkan layarnya memiliki ukuran 6,67 inci dengan desain punch hole untuk kamera depan

Punya dimensi panjang 16,59 cm dengan ketebalan 0,8 cm serta bobot 189 gram, bodinya terasa ramping dan nyaman digenggam. Penempatan tombolnya terbilang standar dengan posisi tombol Volume dan Power yang bersebelahan di sisi kanan. Meski menggunakan layar AMOLED yang mendukung penempatan fingerprint, namun POCO tetap menempatkan sensor tersebut bersamaan dengan tombol Power.

Secara berurutan pada sisi bawah terdapat port USB type-C dan speaker. Dan sisi atas terdapat sensor infrared dan jack audio 3.5mm. Bersama dengan smartphone Xiaomi, sensor infrared ini memang jadi salah satu ftur yang tidak dimiliki smartphone lain. Fungsinya sebagai remote control untuk perangkat elektronik yang mendukungnya. Dan pada sisi kanan terdapat tempat untuk slot kartu hibrid yang bisa digunakan secara bersamaan antara satu kartu SIM dan satu kartu microSD atau dua kartu SIM tanpa microSD.

Keunggulan lain yang ditonjolkan POCO X5 5G adalah layarnya. Menggunakan panel AMOLED dengan 100% DCI-P3 yang membuat layar lebih terang dan kaya warna. Kombinasi ukuran 6,67 inci serta resolusi FHD+ (2400 x 1800) serta bezel tipis membuat layar terasa lega. Apalagi kamera depannya menggunakan desain punch hole.

Punya tingkat kecerahan 1200 nits dan dukungan Sunlight Display membuat layar tetap terlihat jelas meski dalam kondisi di bawah terik matahari. Bagi gamer, kenyamanan masih ditambah dengan dukungan refresh rate 120Hz serta 240Hz touch sampling untuk memastikan respon sentuhan yang cepat.

Urusan performa, smartphone ini mengandalkan system-on-chip Snapdragon 695 5G dari Qualcomm dengan arsitektur 6 nm. POCO X5 5G hadir dalam dua varian yang dibedakan oleh memori RAM dan kapasitas penyimpanan, 6GB+128GB dan 8GB+256GB. Sementara unit yang kami uji adalah varian pertama.

Modul kamera terdiri dari kamera utama 48 MP (gbr.1), kamera ultra wide 8 MP (gbr.2), dan kamera makro 2 MP (gbr.3)