Find Us On Social Media :

Rajai Pasar AI Dunia, China Borong Chip AI Nvidia Rp14 Triliun

By Adam Rizal, Selasa, 20 Juni 2023 | 13:30 WIB

Tantang Baidu dan Google, ByteDance Luncurkan Mesin Pencari Toutiao Search

Saat ini setiap negara mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk menguasai teknologi di masa depan. Apalagi kehadiran chatbot AI ChatGPT cukup meningkatkan popularitas AI di mata dunia.

China pun berambisi menguasai teknologi AI di dunia dan meminta para perusahaan teknologi negaranya untuk melakukan berbagai terobosan mewujudkan mimpinya tersebut. Perusahaan raksasa teknologi China ByteDance mengembangkan sendiri AI secara mandiri tanpa menggandeng perusahaan lainnya seperti Microsoft yang bekerjasama dengan OpenAI.

ByteDance sudah mengamankan pesanan chip GPU Nvidia senilai USD 1 miliar atau Rp 14,8 triliun. Angka itu mendekati total penjualan GPU oleh Nvidia di China sepanjang tahun lalu. Sebagai informasi, chip GPU memang menjadi salah satu komponen krusial dalam pengembangan AI.

Pengembangan teknologi AI membutuhkan daya komputasi yang cepat. GPU dari Nvidia cocok untuk menjalankan pemrosesan secara paralel, sehingga dapat menjalankan banyak tugas secara simultan seperti dikutip Gizmochina.

Kapitalisasi Pasar Nvidia 

Kapitalisasi pasar perusahaan teknologi NVIDIA berhasil melewati angka $1 triliun untuk pertama kalinya pada pembukaan perdagangan saham di hari Selasa (30/5).

Sayangnya, penguatan nilai saham menjadi turun jelang penutupan perdagangan dengan menyentuh angka $990 $992 miliar, mengeluarkannya dari klub $1 triliun, untuk saat ini.

NVIDIA menjadi perusahaan teknologi publik kelima di dunia yang sempat memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $1 triliun, bergabung di klub bersama Apple, Microsoft, Alphabet, dan Amazon.

"Kami melihat NVIDIA sebagai perusahaan paling penting saat ini di era yang berubah dengan cepat menuju era yang akan ditekankan oleh kemampuan AI yang lebih besar," kata analis CFRA Research, Angelo Zino, dikutip dari Reuters.

Diketahui, nilai saham NVIDIA naik tiga kali lipat dalam waktu kurang dari delapan bulan. Nilai saham NVIDIA telah naik sekitar 200% sejak Oktober, jauh melampaui anggota indeks S&P 500 lainnya.

Peningkatan tersebut telah berhasil mendorong kapitalisasi pasarnya melampaui perusahaan-perusahaan sejenis, dan beberapa analis mengatakan bahwa ledakan AI yang tengah terjadi saat ini kemungkinan akan membuat nilai saham NVIDIA akan naik lagi di kemudian hari.

Naik Gara-gara Teknologi AI Makin Populer