Find Us On Social Media :

Pacu Transformasi Digital, Alibaba Cloud Tambah Investasi di Indonesia

By Liana Threestayanti, Rabu, 21 Juni 2023 | 10:00 WIB

Mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia, Alibaba Cloud fokus pada peningkatan dukungan lokal, dalam berbagai manifestasinya. (Dari ki-ka: Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence; Cornel Hugroseno, CEO of PT. Tiga Daya Digital Indonesia (Eksad); Ali Naga Saputra, Head of IT Business Adicipta Inovasi (AdIns); and Eggy Tanuwijaya, Director of Indonesia Solution Architect)

Mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia, Alibaba Cloud fokus pada peningkatan investasi untuk menambah dukungan lokal, dalam berbagai manifestasinya. 

Alibaba Cloud memaparkan upayanya menambah investasi di Indonesia dengan meningkatkan sumber daya untuk berbagai aspek yang mendorong adopsi cloud di Indonesia, seperti membangun kemitraan lokal, memperkenalkan produk dan solusi baru, termasuk solusi artificial intelligence (AI), menghadirkan cloud dan teknologi digital ke kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta, dan melakukan pelatihan dan internship bagi talenta digital.

Dari sisi infrastruktur, Alibaba Cloud mengoperasikan tiga data center dan satu scrubbing center untuk melayani pelanggan Dari berbagai segmen di Indonesia, termasuk startup.

Untuk meningkatkan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3, tahun ini Alibaba Cloud telah memperluas dukungannya ke Makassar, selain Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. 

Sejak program ini diluncurkan pada tahun lalu, Alibaba Cloud telah memperdalam kolaborasinya dengan 18 mitra ekosistem dari kota tingkat 1 hingga tingkat 3. Program menawarkan dukungan lokal, termasuk kolaborasi dengan asosiasi lokal dan komunitas pengembang - untuk mempromosikan cloud dan teknologi digital, program bersama dengan universitas tentang pelatihan talenta digital, serta dukungan TI dan konsultasi teknis tentang adopsi cloud lintas sektor. 

Berbagai langkah yang diambil oleh perusahaan tulang punggung teknologi digital dan inteligensi milik Alibaba Group ini tak lepas dari tren transformasi digital di tanah air saat ini.

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia baru-baru ini menyampaikan prediksi World Economic Forum bahwa transformasi digital di Indonesia dapat menghasilkan nilai ekonomi sebesar US$100 triliun.

Sebelumnya, data Temasek, Google dan Bain & Company secara spesifik menyebut potensi ekonomi digital di Indonesia akan mencapai US$130 miliar pada 2025.

Untuk menangkap peluang ini, berbagai sektor di tanah air terus menggulirkan bahkan mengakselerasi transformasi digital. Dan Accenture menyebut peran vital cloud computing dalam mewujudkan "janji-janji" transformasi digital. 

Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, Leon Chen pun menegaskan, Alibaba Cloud akan terus berinvestasi dalam kemitraan lokal, penawaran produk, dan pelatihan talenta digital untuk memberikan nilai yang lebih nyata kepada komunitas dan industri lokal.

Tingkatkan Kolaborasi dengan Mitra Lokal

Leon menjelaskan, Alibaba Cloud mendukung ekosistem lokal yang berkembang pesat melalui lebih dari 200 mitranya di Indonesia. Secara khusus, Alibaba Cloud juga berkolaborasi dengan lebih dari 50 mitra teknologi untuk mengembangkan solusi vertikal bagi para pelanggan di berbagai sektor termasuk layanan keuangan, layanan publik, ritel, logistik, manufaktur, dan lainnya.