Find Us On Social Media :

Meski Dilarang, Karyawan Amazon Tetap Gunakan ChatGPT dalam Bekerja

By Adam Rizal, Rabu, 21 Juni 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi Kantor Amazon

ChatGPT menjadi contoh kesuksesan sebuah chatbot artificiaI intelligence (AI) di pasar karena ChatGPT mampu menginspirasi perusahaan teknologi lainnya untuk memperkenalkan layanan serupa dan ChatGPT terbukti mampu menyelesaikan atau menjawab pertanyaan penggunanya sehingga meningkatkan kinerja dan produktivitas.

Baru-baru ini ada sebuah dokumen terbaru yang membocorkan bahwa hampir semua karyawan perusahaan teknologi Amazon ikut menggunakan chatbot AI ChatGPT untuk menghasilkan kode perangkat lunak dan materi pemasaran secara otomatis serta sebagai salah satu cara mengintegrasikan AI ke dalam alur kerja mereka.

Awalnya, para manajer dan karyawan Amazon dimintai ide tentang cara memanfaatkan chatbot AI untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan mereka. Hasilnya, sebanyak mayoritas mengizinkan tim pemasaran untuk menggunakan teknologi milik OpenAI tersebut untuk meninjau laporan keuangan dari Amazon dan pesaingnya dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, para karyawan Amazon juga memakai ChatGPT untuk membantu menghasilkan press release and frequently asked questions ( PRFAQ) alias siaran pers dan daftar pertanyaan yang sering diajukan, yang dibutuhkan raksasa teknologi itu dalam mengambil keputusan.

Saat karyawan mengajukan ide baru, Amazon meminta mereka membuat PRFAQ, termasuk contoh siaran pers dan buletin FAQ yang membantu menjelaskan ide yang diusulkan. Ide lainnya adalah menggunakan ChatGPT untuk menghasilkan kode perangkat lunak dan materi pemasaran secara otomatis seperti dikutip The New York Times.

Padahal, Amazon telah memperingatkan semua stafnya untuk tidak menggunakan ChatGPT dan chatbot AI lainnya untuk mendukung chatbot internal Amazon yang bernama Lex. Amazon dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan ambisinya dalam menciptakan AI dan mengintegrasikannya ke dalam fungsi pencarian.

Amazon juga membuka lowongan pekerjaan senior engineer untuk pengembangan perangkat lunak dan mengatakan bahwa perusahaan mereka sedang menata ulang sistem pencarian Amazon dengan pengalaman percakapan interaktif.

Ringkas Produk

Ilustrasi Amazon

Amazon akan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk membantu pengguna menemukan produk yang tepat dan sesuai kebutuhannya serta membuat ringkasan terkait produk-produk yang diinginkan pelanggan.

Dalam ringkasan itu, teknologi AI akan membuat ulasan tentang keuntungan dan kekurangan sebuah produk sehingga pembeli memiliki gambaran singkat tentang produk.

Tak lupa, Amazon juga akan menyertakan keterangan bahwa ulasan ini dihasilkan oleh teknologi AI dari teks ulasan pelanggan.