Find Us On Social Media :

Kini Peramban Opera One Berbasis AI Sudah Bisa Anda Download

By Adam Rizal, Kamis, 22 Juni 2023 | 09:00 WIB

Tampilan Browser Opera yang Kini Telah Dibekali ChatGPT.

Akhirnya, peramban Opera One yang mengusung artificial intelligence (AI) generatif sudah bisa diunduh oleh pengguna secara gratis termasuk Windows, macOS hingga Linux.

Sebelumnya, Microsoft juga telah memperkenalkan browser Edge dengan dukungan ChatGPT.

"Kami membuka era baru AI dengan menghadirkannya di dalam internet," tulis Opera di blog resminya.

Sebelumnya, Opera telah memperkenalkan Opera One pada akhir April lalu tetapi masih terbatas untuk para pengembang saja.

Fitur Opera One mengusung teknologi AI Aria yang merupakan hasil kolaborasi Opera dengan OpenAI.

Dengan dukungan Aria, pengguna Opera One akan mendapatkan akses gratis ke ChatGPT disertai fitur tambahan yang dirancang khusus untuk pengguna Opera.

Integrasi Aria dengan ChatGPT juga memungkinkan pengguna menyaring informasi dari aneka situs, menulis teks, melakukan koding, menjawab pertanyaan, dan lainnya.

Keunggulan Opera One

Browser AI Aria membantu pengguna menemukan beragam informasi di web, menghasilkan teks atau kode, atau menjawab pertanyaan pengguna. "Aria ini dirancang berdasarkan infrastruktur 'Komposer' yang akan memudahkan pengguna mencari informasi," kata Juru Bicara Opera seperti dikutip Tech Crunch.

Aria juga terintegrasi dengan teknologi GPT sehingga mampu menjawab pertanyaan dengan chat. Aria memiliki pengetahuan tentang seluruh database dokumentasi dukungan browser. Opera telah meluncurkan Aria ke lebih dari 180 negara dan Anda bisa mencobanya lewat Opera One versi terbaru di PC. Anda harus memiliki akun Opera terlebih dahulu untuk mengakses Aria.

Sebelumnya, Opera telah meluncurkan Opera One yang mampu menjalankan teknologi AI generatif. Sidebar baru pada browser sekilas agak mirip dengan fitur yang diperkenalkan Microsoft di Edge.

Opera One