Find Us On Social Media :

Lebih Hemat, Ini Tips Beli Kebutuhan Dapur di Platform Online Grocery

By Adam Rizal, Minggu, 25 Juni 2023 | 15:30 WIB

Jauh Lebih Hemat, Ini Tips Belanja Kebutuhan Dapur di Platform Online Grocery

Di era digital ini belanja online telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang, termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Platform online grocery menyediakan kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, namun kita juga harus cerdas dalam mengelola anggaran belanja di sana.

Dalam artikel ini, Titipku akan membagikan lima tips belanja hemat di platform online grocery yang dapat membantu Anda mengoptimalkan pengeluaran dan memperoleh keuntungan maksimal.Bandingkan Harga

Ketika berbelanja di platform online grocery, jangan ragu untuk membandingkan harga produk yang ingin Anda beli. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta, Anda bisa membandingkan harga antara di aplikasi online grocery dengan di portal info harga pemerintah, Info Pangan Jakarta, atau di portal data yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan. Sebagai contoh, Info dari Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa harga bawang merah di DKI Jakarta pada Selasa (20/6) ada di angka Rp47.664 per kg.

Tingginya harga bawang menempatkan DKI Jakarta sebagai daerah dengan harga bawang merah tertinggi keempat di Indonesia. Namun, di Aplikasi Titipku, ada tiga pedagang berikut ini yang masih menjual di bawah harga SP2KP.

No. Nama Lapak Pasar Harga Produk
1 Toko UD. Putra Minang Rupa-Rupa Bumbu Dapur Mas Dedi Pasar Jambul Jakarta Timur Rp27.500/kg
2 Lapak Bumbu Ibu Nurbetty Barus Pasar Patra Jakarta Barat Rp27.500/kg
3 Kios Sayur Pak Sujito Pasar Rawamangun Jakarta Timur Rp33.000/kg

Selain membandingkan harga dengan harga pemerintah, Anda juga bisa membandingkan harga dengan aplikasi online grocery lainnya. Sebagai contoh, berikut perbandingan harga produk kentang antara aplikasi Titipku dengan aplikasi online grocery lainnya.

Produk Titipku Aplikasi A Aplikasi B Aplikasi C
Kentang Dieng 1 kg Rp16.500 Rp21.900 Rp28.900 Rp25.500

Dari perbandingan sederhana ini, kita bisa lihat bahwa harga termurah produk bawang merah dan kentang Dieng ada di aplikasi Titipku. Anda bisa belanja di aplikasi Titipku untuk dua produk ini jika ingin belanja hemat.

Manfaatkan Kupon dan Promo

Selalu periksa apakah ada kupon atau kode promo yang dapat digunakan saat melakukan pembelian di platform online grocery. Misalnya, promo Cashback Rp15.000 di aplikasi Titipku untuk pengguna baru dengan kode promo PAKAITITIPKU ini bisa dipakai selama Juni 2023.

Anda juga bisa mencari tahu di situs web platform atau melalui Instagram mereka tentang penawaran khusus ini. Manfaatkan promo-promo tersebut untuk menghemat pengeluaran belanja Anda.

Belanja Sesuai Daftar

Membuat daftar belanjaan sebelum memulai belanja online sangat penting. Daftar ini akan membantu Anda tetap fokus pada apa yang benar-benar dibutuhkan, menghindari pembelian impulsif, dan mengurangi risiko mengeluarkan uang untuk barang yang tidak diperlukan.