Find Us On Social Media :

Musim Liburan, Waspadai Email Phishing Berkedok HR Perusahaan

By Liana Threestayanti, Minggu, 2 Juli 2023 | 23:04 WIB

Awas! Penjahat siber memangsa kredensial perusahaan dengan mengirimkan email palsu yang mencatut nama departemen SDM.(Human Resources/HR). (ilustrasi email phishing)

Awas! Penjahat siber memangsa kredensial perusahaan dengan mengirimkan email palsu yang mencatut nama departemen SDM (Human Resources/HR).

Musim liburan dimulai dan para penjahat siber pun mulai mengeksploitasi sentimen liburan melalui phishing. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kredensial perusahaan. 

Para pakar keamanan Kaspersky memaparkan apa yang perlu kita waspadai.

Email Phishing

Agar tautan phishing diklik, penyerang biasanya menggunakan taktik menakut-nakuti atau membuat penasaran calon korbannya. Misalnya dengan menyebutkan “jadwal liburan” akan berhasil. 

Saat ini, banyak karyawan yang sudah membuat rencana liburan, membeli tiket, memesan hotel. Jika tanggal liburan tiba-tiba berubah, semua rencana ini akan hangus. Oleh karena itu, scammers mengirim email yang diduga dari departemen SDM tentang topik liburan, seperti penjadwalan ulang yang tiba-tiba, kebutuhan untuk mengkonfirmasi tanggal, atau bentroknya aktivitas dengan beberapa acara penting. 

Karena dalam kasus ini adalah soal penargetan massa, dan bukanlah spear phishing, cukup mudah untuk mengetahui trik penyerang. Penting untuk menahan keinginan mengeklik tautan demi melihat tanggal liburan Anda yang telah direvisi ini.

Jika kita menelusuri email lebih dekat, menjadi jelas bahwa:

Juga jelas bahwa penyerang hanya mengetahui alamat penerima. Alat email massal otomatis mengambil nama domain perusahaan dan nama karyawan dari alamat dan secara otomatis menggantinya dengan tiruan tautan dan tanda tangan pengirim.

Situs Phishing

Bahkan jika korban terperangkap dalam umpan  dan mengeklik tautan, tanda-tanda phishing masih dapat ditemukan di situs penyerang. Tautan dalam email di atas menunjuk ke sini: