Find Us On Social Media :

NASA Kembangkan Teknologi Mirip ChatGPT untuk Para Astronotnya

By Rafki Fachrizal, Senin, 3 Juli 2023 | 14:50 WIB

Ilustrasi NASA

Kehadiran AI (artificial intelligence) chatbot besutan OpenAI, yaitu ChatGPT, telah menginspirasi banyak perusahaan/organisasi di dunia untuk menghadirkan inovasi yang serupa.

Terbaru, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat bernama National Aeronautics and Space Administration (NASA), dikabarkan telah mengerahkan beberapa insinyurnya untuk mengembangkan teknologi asisten AI yang mampu menjawab berbagai pertanyaan dan perintah seperti ChatGPT.

Teknologi asisten AI dengan antarmuka seperti ChatGPT itu nantinya akan memungkinkan astronot melakukan manuver, eksperimen, mengelola muatan, transfer data, pemantauan kesehatan astronot, dan masih banyak lagi.

Selain itu, asisten ini juga akan membantu astronot untuk memecahkan masalah yang dihadapi ketika menggunakan pesawat luar angkasa dengan lebih cepat dan mudah, daripada harus memilah-milah halaman instruksi yang panjang.

NASA berencana memasang teknologi tersebut di Lunar Gateway, stasiun luar angkasa yang diproyeksikan bakal mengorbit di bulan dan membantu misi Artemis, yang bertujuan untuk membangun keberadaan manusia yang berkelanjutan di bulan.

"Idenya adalah untuk mencapai titik di mana kami dapat melakukan interaksi percakapan dengan pesawat luar angkasa kami dan mereka (asisten AI) berbicara kembali kepada kami saat ada waspada, temuan menarik yang mereka lihat di tata surya dan sekitarnya," kata Dr. Larissa Suzuki, berbicara di pertemuan IEEE tentang komunikasi ruang generasi berikutnya, seperti dikutip dari Engadget.

Dr. Suzuki dalam pemaparannya juga menjelaskan contoh lain dari kemampuan asisten AI yang sedang dikembangkan NASA tersebut.

Misalnya, jaringan komunikasi antarplanet yang terhubung oleh asisten AI dapat mengidentifikasi dan memperbaiki setiap kesalahan yang muncul.

“Ini kemudian memberi tahu operator misi bahwa transmisi data dari sebuah pesawat luar angkasa kemungkinan akan hilang atau gagal dikirim,” jelasnya.

"Untuk diketahui, kami tidak dapat mengirim seorang insinyur ke luar angkasa setiap kali pesawat luar angkasa mengalami offline atau perangkat lunaknya rusak," sambungnya.

Baca Juga: IBM dan NASA Manfaatkan Artificial Intelligence untuk Perubahan Iklim

Baca Juga: Studi: ChatGPT Butuh 500ml Air untuk Jawab 20-50 Pertanyaan User