Find Us On Social Media :

Cara Sukses ManageEngine Bantu Perusahaan Transformasi Digital

By Adam Rizal, Rabu, 5 Juli 2023 | 18:30 WIB

Rajesh Ganesan, President at ManageEngine

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, perusahaan di berbagai sektor semakin menyadari pentingnya melakukan transformasi digital untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang kompetitif.

Namun, implementasi transformasi digital tidaklah mudah dan sering kali dihadapkan pada sejumlah tantangan yang memerlukan strategi yang matang dan perencanaan yang tepat.

ManageEngine, Divisi Manajemen TI Perusahaan dari Zoho Corporation menawarkan berbagai solusi IT terlengkap yang membantu perusahaan untuk bertransformasi digital di Indonesia.

Rajesh Ganesan, President at ManageEngine mengungkapkan tantangan utama ketika perusahaan melakukan transformasi digital. Pertama, para pemimpin perusahaan tidak semuanya paham bagaimana menjalankan teknologi sehingga mereka harus memilih orang yang tepat untuk melakukannya.

"Ketika saya mengatakan budaya, Anda memiliki banyak pengalaman orang yang tidak mengerti teknologi, mereka adalah penghalang, mereka memberikan banyak perlawanan, benar," ucapnya.

Tantangan kedua, banyak perusahaan tidak memiliki roadmap transformasi digital yang jelas dan lebih mengikuti tren teknologi terkini tanpa mengedepankan kebutuhan IT perusahaan.

"Banyak saran solusi teknologi yang salah dilakukan oleh para pemimpin IT perusahaan. Jadi, mereka hanya berpikir hari ini saya memiliki bisnis yang bagus, saya hanya perlu mengadopsi teknologi hanya untuk kepentingannya, karena semua orang melakukannya dengan benar," ucapnya.

Solusinya, sebagai CTO atau pimpinan IT perusahaan harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang model bisnis Anda dan apa yang pelanggan Anda inginkan. Anda juga harus menjalankan proses transformasi digitalnya secara bertahap dan organik.

"Pimpinan harus memiliki kejelasan, keyakinan, dan kemudian mereka pergi dan memberi tahu semua orang dengan benar. Jadi model operasi saya akan sama, model bisnisnya juga akan sama, tetapi saya akan membuat Anda lebih produktif," ujarnya.

Cara Efisiensi

Rajesh Ganesan, President at ManageEngine

Banyak perusahaan yang bingung bagaimana cara mereka merampingkan operasi mereka dan meningkatkan efisiensi?.