Find Us On Social Media :

Ikut Program Ini, 3 Developer Game RI Raih Sertifikasi Gaming Bergengsi

By Liana Threestayanti, Kamis, 6 Juli 2023 | 09:35 WIB

Tiga game developer Indonesia berhasil meraih salah satu sertifikat global paling dicari di gaming, Unity Certified Associate Game Developer.

Melalui program Google Play x Unity Game Developer Training, tiga game developer Indonesia berhasil meraih salah satu sertifikat global paling dicari di gaming, Unity Certified Associate Game Developer.

Sertifikat dari Unity dipandang bergengsi di industri gaming dan media interaktif karena Unity merupakan salah satu game engine yang paling banyak digunakan saat ini.

Perluas Kolaborasi, Tingkatkan Kualitas

Salah satu game developer Indonesia yang berhasil meraih sertifikat itu adalah Muhammad Ramadhan Rizki Daulay.Pemuda 23 tahun asal Medan ini sekarang berkarir sebagai junior programmer di Digital Breeze Interactive. 

Bagi Rizki, dengan mengikuti program Google Play x Unity Game Developer Training, ia mendapat kesempatan bertemu dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama sehingga terdapat banyak peluang untuk berdiskusi dan berkolaborasi.

“Melalui program ini, saya mendapat teman dan koneksi baru di industri game yang bisa melahirkan kolaborasi baru," imbuhnya.

Selain itu, menurut Rizki, program tersebut juga sangat membantu industri game di Indonesia. "Dengan banyaknya developer yang mendapat pelatihan, semakin banyak pula developer game berkualitas di Indonesia,” ujarnya.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Sementara itu, bagi Ahmad Tuflihun, pemuda 23 tahun asal Pontianak yang sekarang telah berkarir sebagai augmented reality developer di nuMetagen, mengikuti program Unity Certified Associate Game Developer memotivasinya untuk menguji kemampuan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Terlebih dengan program yang didukung Google, ia optimis dapat mengetahui standar pemrograman di ranah global.

“Melakukan ujian sertifikasi sangat penting, terutama bagi seseorang yang kurang percaya diri dengan kemampuannya atau belum berani memulai karir di bidang yang diinginkan. Tidak hanya programmer, bahkan desainer juga perlu melakukannya,” terang Ahmad seraya menambahkan bahwa pengalaman ini membuka wawasan untuk meningkatkan kemampuan lebih tinggi lagi.

Game developer Indonesia lainnya yang telah memperoleh sertifikat Unity Certified Associate Game Developer adalah Gerardo Keandre Lisrianto. Pemuda 22 tahun dari Bekasi ini sekarang telah menjadi junior Unity developer di Magnus Digital Indonesia. 

Menurutnya platform Unity Pro Training menawarkan banyak kursus dan jalur pembelajaran yang menyenangkan.