Find Us On Social Media :

YouTube Sukses Jadi Aplikasi Streaming Musik Paling Top di AS

By Adam Rizal, Kamis, 6 Juli 2023 | 13:30 WIB

Ilustrasi YouTube

Saat ini YouTube sukses menjadi aplikasi music streaming terbaik di Amerika Serikat pada 2022, mengalahkan platform musik besar lainnya adalah Spotify, Apple Music, Amazon Music, dan lainnya.

Visual Capitalist melaporkan 61 persen pendengar musik AS menyetel lagu di YouTube minimal satu kali dalam rentang waktu 30 hari atau ada dua dari tiga penikmat musik AS mendengarkan lagu di YouTube setidaknya sebulan sekali sepanjang 2022.

Hal itu membuat YouTube/YouTube Music menjadi platform streaming musik yang paling banyak memiliki pendengar bulanan di AS untuk periode 2022. Menurut Statista, saat ini YouTube memiliki lebih dari 2,68 miliar pengguna bulanan aktif pada tahun 2023.

YouTube Premium dan YouTube Music juga memiliki lebih dari 80 juta pengguna berbayar (subscriber) di seluruh dunia pada 2023.

Di posisi kedua, sebanyak 35 persen pendengar musik AS mendengarkan Spotify dan Amazon Music setiap bulannya.

Bedanya, Spotify lebih unggul dalam hal jumlah pelanggan berbayar (paid users). Sedangkan, Amazon Music memiliki basis pengguna yang besar karena aplikasi ini digabungkan (bundle) ke dalam layanan Amazon Prime.

Sisanya, adaPandora (23 persen pengguna bulanan), Apple Music (19 persen), serta Soundcloud (10 persen). Sayangnya, Visual Capitalist tidak mengungkap berapa banyak total pendengar musik AS.

Syarat Makin Mudah

YouTube Premium Lite

Saat ini profesi YouTuber semakin menggiurkan banyak orang di era digital saat ini. Fenomena pertumbuhan platform berbagi video ini telah membuka peluang baru bagi individu yang ingin mengungkapkan kreativitas mereka dan membangun karir di dunia digital. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak YouTuber telah muncul dengan konten yang unik, dan beberapa di antaranya telah mencapai kesuksesan yang luar biasa.

Banyak YouTuber sukses telah mampu mengumpulkan jutaan penonton dan bermitra dengan perusahaan-perusahaan terkenal untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Pendapatan mereka berasal dari iklan yang ditayangkan di video mereka, program afiliasi, sponsor, dan sumbangan langsung dari penggemar mereka.

Kini YouTube mengubah syarat monetisasi dalam YouTube Partner Program (YPP) dan sangat memberikan angin segar kepada para YouTuber pemula. YouTube memberikan pengurangan syarat jumlah subscriber dari semula minimal 1.000 menjadi 500 subscriber.